| dc.contributor.author | SHOLIHAH, Amalia Putri | |
| dc.date.accessioned | 2025-04-29T02:12:37Z | |
| dc.date.available | 2025-04-29T02:12:37Z | |
| dc.date.issued | 2023-07-18 | |
| dc.identifier.nim | 190210201043 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126115 | |
| dc.description | Validasi_firli_28_April_25 | en_US |
| dc.description.abstract | Kemitraan merupakan suatu kerjasama antar kedua belah pihak atau lebih
yang bersama-sama saling menguntungkan untuk membangun kolaborasi bersama
dalam suatu program kegiatan. Pelaksanaan kemitraan dan kolaborasi merupakan
kegiatan inti dari sebuah hubungan kerjasama antar mitra. Terdapat masalah yang
dimiliki oleh peserta webinar yang merupakan pelaku UMKM, bahwa beberapa
pelaku UMKM tersebut kurang mampunya dalam pengetahuan dan pemahaman
dalam meningkatkan kompetensi pemasaran. Kemitraan dan kolaborasi yang
terjalin antara Solo Technopark bersama Bukalapak merupakan suatu upaya untuk
meningkatkan kompetensi pemasaran pada pelaku UMKM, sehingga peserta
webinar yang merupakan pelaku UMKM tersebut mampu menyerap materi yang
telah diberikan pembicara webinar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
dan mendeskripsikan pola kemitraan untuk meningkatkan kompetensi pemasaran
pada pelaku UMKM dalam kolaborasi Solo Technopark bersama Bukalapak.
Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan referensi untuk
menambah pengetahuan terkait pola kemitraan pentahelix untuk meningkatkan
kompetensi pemasaran pada pelaku UMKM.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan penelitian ini untuk mendapatkan
informasi mengenai kemitraan dan kolaborasi Solo Technopark bersama Bukalapak
dalam kompetensi pemasaran pelaku UMKM dan pemberdayaannya. Dalam
penentuan tempat, peneliti menggunakan metode purposive area yang berarti
memilih area atau daerah yang telah dipilih secara sengaja berdasar dengan tujuan
serta berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu untuk penelitian ini. Peneliti
menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan informan penelitian,
sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu dengan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk data yang lebih akurat, maka
peneliti menggunakan teknik keabsahan data yaitu dengan perpanjangan
pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi data (sumber dan teknik).
Kemudian pada tahap analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data
dengan metode Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti, bahwa kemitraan dengan
model pentahelix yang terjalin antara Solo Technopark dengan Bukalapak dapat
dikatakan berjalan dengan cukup baik walaupun belum sempurna. Pola kemitraan
pentahelix dengan menggunakan 5 sinergi GBCAM (government, business,
community, academy, media) untuk memudahkan terlaksananya proses kemitraan.
Hasil dari penelitian ditemukan bahwa peserta webinar yang merupakan pelaku
UMKM setelah mengikuti workshop dan webinar Solo Technopark bersama
Bukalapak tersebut mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh
untuk usahanya.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kemitraan yang terjalin antara Solo
Technopark bersama Bukalapak menggunakan pola kemitraan model pentahelix
serta dilakukan kolaborasi dalam bentuk workshop dan webinar. Workshop dan
webinar yang dilakukan mampu memberikan peningkatan kompetensi pemasaran
pada pelaku UMKM dengan menggunakan strategi pemasaran marketing mix.
Terbukti dengan adanya peningkatan kompetensi pemasaran pada pelaku UMKM
mampu menyerap adanya pengetahuan yang didapatkan berupa soft skill dan hard
skill. Soft skill berupa pengetahuan berwirausaha dan bersikap dengan baik dengan
mendapat pengetahuan terkait dunia usaha, mampu berpikir kritis, kemampuan
berkomunikasi yang baik, etos kerja, networking, dan pantang menyerah.
Kemudian kemampuan hard skill yang dimiliki peserta webinar yaitu berupa
kreativitas, inovasi dalam produk yang dijual, dan keterampilan dalam mendesain
produk kemasan. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Prof. Dr. Arief Tukiman Hendrawijaya, SH., M.Kes
Dr. Muhammad Irfan Hilmi, M.Pd | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
| dc.subject | Kemitraan | en_US |
| dc.subject | Kolaborasi | en_US |
| dc.subject | Pentahelix | en_US |
| dc.subject | Pelaku UMKM | en_US |
| dc.title | Pola Kemitraan Pentahelix untuk Peningkatan Kompetensi Pemasaran pada Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Program Kolaborasi Solo Technopark Bersama Bukalapak) | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | Pendidikan Luar Sekolah | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Arief Tukiman Hendrawijaya, SH., M.Kes | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Muhammad Irfan Hilmi, M.Pd | en_US |
| dc.identifier.validator | Validasi_firli_28_April_25 | en_US |
| dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2025_04_tanggal 29 | en_US |