dc.contributor.author | Dewi, Mawardani Adi Pratama | |
dc.date.accessioned | 2024-08-13T02:49:56Z | |
dc.date.available | 2024-08-13T02:49:56Z | |
dc.date.issued | 2023-11-17 | |
dc.identifier.nim | 190210104097 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123697 | |
dc.description | Finalisasi repositori tanggal 13 Agustus 2024_Kurnadi_Lana | en_US |
dc.description.abstract | Pendidikan Indonesia pasca pandemi serta kehidupan abad 21 diwujudkan
dengan diterapkannya kurikulum merdeka yang menitikberatkan pengembangan
keterampilan tingkat tinggi, khususnya keterampilan berpikir kreatif yang dapat
dibiasakan melalui pembelajaran IPA, sehingga siswa memiliki kecakapan
memecahkan masalah dan dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Keterampilan berpikir kreatif diartikan sebagai keahlian dalam merumuskan
gagasan baru, unik, dan fleksibel yang dapat menjadi solusi alternatif permasalahan.
Keterampilan berpikir kreatif berhubungan erat dengan aktivitas belajar siswa, hal
tersebut dikarenakan dengan tingginya aktivitas belajar siswa secara tidak langsung
merangsang keterampilan berpikir kreatif siswa. Keterampilan berpikir kreatif dan
aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan melalui pembelajaran project based
learning yang terintegrasi dengan pendekatan STEM. Model PjBL-STEM
membuat siswa bebas bereksplorasi sehingga pembelajaran dapat berpusat
sepenuhnya pada siswa serta membentuk pembelajaran bermakna dan menarik.
Selai itu, PjBL-STEM juga menumbuhkan keingintahuan, memicu berpikir kritis
dan kreatif dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilannya, serta dapat
mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PjBL) dengan
pendekatan STEM terhadap keterampilan berpikir kreatif dan aktivitas belajar
siswa pada mata pelajaran IPA.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design yang dilaksanakan di MTsN 1 Jember dengan
popuasi seluruh kelas VII pada semester genap tahun 2022-2023. Sampel penelitian ini terdiri atas kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas
kontrol yang dipilih dengan metode purposive sampling. Kelas eksperimen
diberikan perlakuan berupa model PjBL-STEM, sedangkan kelas kontrol tidak
diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
dokumentasi, tes, dan observasi. Data yang diperoleh melalui tes dan observasi
akan dianalisis menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji independent
sample t test.
Pembelajaran dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan. Awal pembelajaran atau
sebelum perlakuan yaitu pemberian soal pretest, kemudian dilanjutnya pemberian
perlakuan pada masing-masing kelas penelitian, dan diakhiri dengan pemberian
soal posttest. Hasil penelitian pada keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas
eksperimen memiliki rata-rata nilai sebesar 54.17 pada pretest dengan nilai tertinggi
90 dan terendah 15, serta rata-rata nilai sebesar 78.33 pada posttest dengan nilai
tertinggi 100 dan terendah 55. Rata-rata nilai pretest pada kelas kontrol sebesar
55.17 dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 20, sedangkan pada rata-rata nilai
posttest sebesar 67.5 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 25. Perbedaan rata-rata
nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol maka dapat diketahui bahwa ratarata nilai kelas eksperimen lebih unggul dengan selisih 10.83 poin. Data tersebut
kemudian dinyatakan normal setelah memperoleh skor signifikansi yang lebih dari
0.05 setelah diuji normalitas Shapiro-Wilk. Skor uji independent sample t test data
keterampilan berpikir kreatif siswa sebesar 0.004 (0.004 < 0.05). Data aktivitas
belajar siswa yang sudah dianalisis menunjukkan bahwa data terdistribusi normal,
sedangkan skor uji independent sample t test sebesar 0.000 (0.000 < 0.05), serta
apabila dibandingkan persentase per indikator, maka dinyatakan kelas eksperimen
mengalami peningkatan yang lebih besar daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil
analisis data terkait keterampilan berpikir kreatif dan aktivitas belajar siswa
tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model project based learning
(PjBL) dengan pendekatan STEM berpengaruh signifikan terhadap keterampilan
berpikir kreatif dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA. | en_US |
dc.description.sponsorship | 1. Dosen Pembimbing Utama : Pramudya Dwi A. P., S.Pd., M.Pd., Ph.D., M.C.E
2. Dosen Pembimbing Anggota : Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd., M.C.E. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Project Based Learning (PjBL) | en_US |
dc.subject | Pendekatan STEM | en_US |
dc.subject | Mata Pelajaran IPA | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) dengan Pendekatan STEM terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd, M.Pd., Ph.D., M.C.E. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd., M.C.E. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 18-Januari 2024 | en_US |