dc.contributor.author | WARDHANA, Bimantoro Eko | |
dc.date.accessioned | 2024-08-13T02:38:04Z | |
dc.date.available | 2024-08-13T02:38:04Z | |
dc.date.issued | 2024-07-16 | |
dc.identifier.nim | 200210301084 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123685 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik_Marsel tgl 13 Agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang penting dalam
pembelajaran agar peserta didik aktif dan fokus dalam mengikuti pembelajaran. Di
SMA Negeri 1 Rambipuji sudah menggunakan media pembelajaran berbasis
teknologi, salah satunya power point. Namun, fenomena yang terjadi adalah peserta
didik kelas XI-4 tidak aktif saat pendidik menerangkan materi menggunakan media
berupa power point. Alasan peserta didik tidak aktif saat pembelajaran berlangsung
dikarenakan gambar dan ilustrasi yang digunakan dalam power point terkesan
membosankan. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran
yang layak dan menarik dalam mengatasi masalah tersebut.
Berdasarkan fenomena yang terjadi, peneliti mengembangkan media
pembelajaran interaktif berbasis android iSpring Suite 11 untuk mengatasi
permasalahan tersebut. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android
iSpring Suite 11 menggunakan model pengembangan pada penelitian ini menggunakan
model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation). Namun dalam penelitian ini hanya dibatasi hingga tahap development saja
karena tahap development sudah mencakup pengujian kelayakan media pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif
berbasis android iSpring Suite 11 yang layak dari segi aspek materi dan desain serta
kemenarikan media pembelajaran. Maka dari itu, dalam mengetahui kelayakan dan
kemenarikan media tersebut perlu melalui proses uji coba kelayakan oleh validator
materi dan desain media serta dilaksanaknnya uji coba kelompok terbatas kepada 15
peserta didik kelas XI-4 di SMAN Rambipuji untuk mengetahui tingkat kemenarikan
media. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji kelayakan
materi media dan uji kelayakan desain media, serta uji tingkat kemenarikan Uji kelayakan materi dinilai oleh 2 validator materi, yaitu bapak Mat Fatekan,
S.Pd. dan ibu Lisana Oktavisanti M., S.Pd., M.Pd. Pengujian kelayakan materi media
dilaksanakan dengan 2 tahap. Hasil dari uji kelayakan materi draf 1 diperoleh skor
80% dengan keterangan layak dan masih terdapat beberapa saran revisi atas aspek
materi dalam media pembelajaran yang dikembangkan. Kemudian setelah direvisi,
maka dilakukan kembali uji kelayakan materi draf 2 dan memperoleh skor 97,1%.
Artinya media pembelajaran interaktif berbasis android iSprint Suite 11 sangat layak
untuk dilakukan uji coba dari segi materi.
Uji kelayakan materi dinilai oleh 2 validator desain, yaitu ibu Naili Firohmati
Robbi, S.Kom dan bapak Ahmad Eko Budi Purnomo, S.Kom. Pengujian kelayakan
desain media dilaksanakan dengan 2 tahap. Hasil dari uji kelayakan desain draf 1
diperoleh skor 85,7% dengan keterangan sangat layak dan masih terdapat beberapa
saran revisi atas aspek materi dalam media pembelajaran yang dikembangkan.
Kemudian setelah direvisi, maka dilakukan kembali uji kelayakan desain draf 2 dan
memperoleh skor 94,2%. Artinya media pembelajaran interaktif berbasis android
iSprint Suite 11 sangat layak untuk dilakukan uji coba dari segi desain.
Uji coba kemenarikan dilakukan dengan uji coba kelompok kecil melalui
angket respon peserta didik yang diisi oleh 15 peserta didik kelas XI-4 SMAN
Rambipuji. Hasil yang diperoleh dari uji coba tersebut sebesar 92,2% dengan
keterangan sangat layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan materi dan desain media
pembelajaran, dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis android iSpring Suite
11 sangat layak digunakan serta didukung dengan hasil uji kemenarikan media
pembelajaran melalui angket respon peserta didik mendapatkan hasil 92,2% dengan
keterangan sangat menarik untuk digunakan pada mata pelajaran ekonomi materi
manfaat dan dampak kebijakan ekonomi di SMAN Rambipuji Kabupaten Jember | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Titin Kartini, S.Pd., M.Pd
Pembimbing Anggota Dwi Herlindawati, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF | en_US |
dc.subject | ANDROID ISPRING SUITE 11 | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android ISpring Suite 11 pada Peserta Didik Kelas XI SMAN Rambipuji Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Ekonomi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Titin Kartini, S.Pd.,M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dwi Herlindawati, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 13 Agustus 2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | taufik | en_US |