Pengaruh Literasi Digital, Kecerdasan Emosional, dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember Angkatan 2019 tahun 2022
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh
positif literasi digital, kecerdasan emosional, dan efikasi diri terhadap kesiapan
kerja mahasiswa aktif Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Jember Angkatan 2019 tahun 2022. Penelitian yang digunakan
peneliti adalah jenis penelitian explanatori (explanatory research). Penelitian ini
bersifat kuantitatif dengan objek penelitian yaitu mahasiswa aktif Prodi S1
Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jumlah populasi dalam penelitian ini
yaitu 215 mahasiswa dengan sampel yang digunakan yaitu random sampling
menggunakan slovin sehingga didapat menjadi 68 mahasiswa. Jenis data yang
digunakan adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan. Sumber data yang
digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung di lapangan seperti
wawancara, observasi dan kuesioner serta data sekunder yang diperoleh dari
studi pustaka melalui jurnal, dokumentasi, buku dan lainnya. Metode analisis
data pada penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linear Berganda dengan
bantuan software SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Literasi digital tidak
memiliki pengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa Prodi S1
Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universiats Jember Angkatan 2019, 2)
Kecerdasan emosional memiliki pengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja
mahasiswa Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember
Angkatan 2019, 3) Efikasi diri memilki pengaruh signifikan terhadap kesiapan
kerja mahasiswa Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Jember Angkatan 2019.