Analisis Kesalahan Siswa dalam Penyelesaian Soal Sharing Task dan Jumping Task pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Self Efficacy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada materi barisan dan deret sehingga perlu untuk menganalisis kesalahannya ketika menyelesaikan soal. Hasil analisis ini diharapkan mampu dijadikan sebagai acuan mencari solusi dalam meningkatkan prestasi belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam penyelesaian soal tipe sharing task dan jumping task pada materi barisan dan deret berdasarkan self efficacy. Penelitian ini melibatkan 3 subjek penelitian dari siswa MAN 1 Jember, yaitu 1 siswa self efficacy rendah, 1 siswa self efficacy sedang dan 1 siswa self efficacy tinggi. Subjek penelitian ditentukan menggunakan angket self efficacy dan soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada soal sharing task, siswa self efficacy rendah melakukan jenis kesalahan konseptual, prosedural dan teknis sedangkan siswa self efficacy sedang dan tinggi melakukan jenis kesalahan prosedural dan teknis. Pada soal jumping task, siswa self efficacy rendah dan sedang melakukan jenis kesalahan konseptual, prosedural dan teknis sedangkan siswa self efficacy tinggi melakukan jenis kesalahan prosedural. Penelitian ini merekomendasikan agar guru lebih sering memberikan latihan soal yang menekankan pada konsep barisan dan deret sehingga akan meminimalisir banyaknya kesalahan dalam penyelesaian soalnya.