dc.contributor.author | Pritarani, Rachel Ageng Pradnya | |
dc.date.accessioned | 2024-08-12T07:06:19Z | |
dc.date.available | 2024-08-12T07:06:19Z | |
dc.date.issued | 2023-08-25 | |
dc.identifier.nim | 190210201074 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123564 | |
dc.description.abstract | Kelompok Bermain (KB) mempunyai sebuah program yaitu bermain sambil
belajar. Bermain sambil belajar merupakan kegiatan yang dilakukan untuk
kepentingan diri sendiri, dilakukan dengan cara-cara menyenangkan, tidak
diorientasikan pada hasil akhir, fleksibel, aktif, dan pasif. Melalui kegiatan bermain
sambil belajar, aspek-aspek perkembangannya akan terpenuhi. Bermain sambil
belajar memiliki nilai yang baik bagi perkembangan fisik, kognitif, bahasa dan
sosial anak. Bermain sambil belajar juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan
kreativitas anak, mencerdaskan otak, menanggulangi konflik, melatih empati,
mengasah panca indra, terapi dan melakukan penemuan.
Alat permainan edukasi adalah media pembelajaran yang digunakan oleh
guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Masih banyak ditemukan
orang tua atau guru yang menyediakan APE untuk anaknya dengan cara membeli.
APE ini mudah untuk ditemukan, sekarang sudah banyak toko-toko mainan yang
menyediakan APE. Namun kebiasaan membeli ini akan menumbuhkan budaya
konsumtif, melemahkan dan mengurangi inovasi bagi para guru KB dalam
menyelenggarakan pembelajaran yang berkualitas bagi peserta didik. Saat ini masih
banyak orang tua yang kurang memahami pemanfaatan limbah plastik sebagai
media edukasi perkembangan keterampilan anak, terutama orang tua siswa di KB
Yasmin Kabupaten Jember, yang masih berfikir bahwa limbah plastik itu tidak
bersih atau kurang bersih untuk dijadikan sebagai bahan alat permainan edukasi
perkembangan keterampilan anak usia 2-4 tahun.
Rumusan masalah yang diajukan yaitu berapa besar hubungan antara
persespi orang tua dalam pemanfaatan limbah plastik sebagai media edukasi
perkembangan keterampilan anak usia 2-4 di KB Yasmin Kabupaten Jember.
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya hubungan antara persespi orang tua dalam pemanfaatan limbah plastik sebagai media edukasi
perkembangan keterampilan anak usia 2-4 tahun di KB Yasmin Kabupaten Jember.
Manfaat yang diharapkan yaitu dapat menjadi bahan evaluasi dalam pemilihan
bahan untuk media pembelajaran dan kompetensi lulusan program Kelompok
Bermain (KB) di masa yang akan datang.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasi dengan pendekatan
kuantitatif, dengan responden yang berjumlah 20 orang yang di ambil melalui
population sampling. Tempat penelitian dilaksanakan di KB Yasmin Kabupaten
Jember. Penentuan tempat penelitian menggunakan purposive area, metode
pengumpulan data menggunakan kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan rumus korelasi tata jenjang yang dihitung dengan SPSS
versi 25.
Hasil penelitian menyatakan bahwa Pada variabel persepsi orang tua secara
keseluruhan masuk dalam kategori kuat karena nilai r-hitung variabel persepsi
orang tua sebesar 0,734 dengan skor koefisien determinasi sebesar 55,20%. Pada
indikator penyerapan terhadap rangsangan diperoleh nilai r-hitung sebesar 0,584
dengan skor koefisien determinasi sebesar 34,10%, sehingga dari hasil tersebut
indikator penyerapan terhadap rangsang masuk dalam kategori sedang. Pada
indikator pemahaman diperoleh nilai r-hitung sebesar 0,528 dengan skor koefisien
determinasi sebesar 27,87%, sehingga dapat diketahui bahwa indikator pemahaman
masuk dalam kategori sedang. Pada indikator penilaian atau evaluasi memperoleh
nilai r-hitung sebesar 0,818 dengan jumlah skor koefisien determinasi sebesar
66,91%, sehingga dapat diketahui bahwa indikator penilaian masuk dalam kategori
sangat kuat.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara persepsi orang
tua terhadap pemanfaatan limbah plastik sebagai media edukasi perkembangan
keterampilan anak usia 2-4 tahun di KB Yasmin. Macam-macam indikator persepsi
orang tua diantaranya adalah penyerapan terhadap rangsangan, pemahaman, dan
penilaian atau evaluasi. Kemudian variabel beserta indikatornya dianalisis dengan
rumus korelasi Rank Spearman atau tata jenjang | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Deditiani Tri Indrianti, S.Pd., M.Sc., CIQaR
Pembimbing Anggota Sylva Alkornia, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Persepsi Orang Tua | en_US |
dc.subject | Pemanfaatan Limbah Plastik | en_US |
dc.subject | Media Edukasi | en_US |
dc.title | Persespi Orang Tua dalam Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Media Edukasi Perkembangan Keterampilan Anak Usia 2-4 Tahun di KB Yasmin Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Luar Sekolah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Deditiani Tri Indrianti, S.Pd., M.Sc., CIQaR. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Sylva Alkornia, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 2 November 2023 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_07_tanggal 10 | en_US |