Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Keputusan Penggunaan Pembeyaran Digital pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jember
Abstract
Pada era modern ini dibutuhkan setiap individu masyarakat terutama
generasi muda agar tidak berperilaku gaya hidup konsumtif. Generasi muda
bergaya hidup atau berperilaku konsumtif maka tentu akan mempengaruhi
keuangannya. Sehingga para generasi muda seharusnya mendapat edukasi
finansial agar para generasi muda dapat mengelola keuangan dengan tepat.
Adanya edukasi literasi keuangan akan menjadikan tiap individu berupaya
untuk memilih berbagai produk dan jasa keuangan yang sesuai dengan prioritas
kebutuhan keuangan mereka. Generasi muda perlu memahami dengan benar
manfaat dan risiko serta mengetahui hak dan kewajiban dalam menggunakan
produk - produk dan layanan jasa keuangan yang dipilih sehingga dapat
meningkatkan kesejahteraan kondisi keuangan meraka.
Semakin berkembangnya teknologi literasi keuangan memiliki perananan
penting dalam kehidupan manusia. Maka dari itu, adanya teknologi yang semakin
berkembang menghasilkan suatu inovasi baru yaitu Financial Technology. Salah
satu fasilitas yang menonjol dari inovasi Financial Technology yaitu kemudahan
dalam transaksi atau pembayaran berupa uang elektronik atau pembayaran digital
sehingga memberikan nilai tambah pada keamanan dimana masyarakat tersebut
tidak perlu lagi untuk membawa uang kertas dalam jumlah banyak, yang nanti
bisa membawa rasa aman bagi konsumen yang akan bertransaksi dan tentunya hal
tersebut akan lebih memberikan rasa nyaman bagi konsumen.
Observasi awal menunjukkan mahasiswa dapat mengendalikan
keuangannya kerana pembayaran digital yang banyak diskon, mudah dan praktis.
Hal tersebut yang membuat mahasiswa terpengaruh untuk melakukan transaksi
keuangan menggunakan pembayaran digital. Maka dari itu meraka sudah
sepenuhnya bisa mengontrol keuangannya dengan baik dan bijak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Lokasi
penelitian yang digunakan adalah program studi pendidikan ekonomi universitas
jember, dengan responden mahasiswa angkatan tahun 2019 dan tahun 2020
sebanyak 60 mahasiswa yang telah melaksanakan pembayaran digital lebih dari
lima kali dan telah malakukan magang diperbankan. Sampel pada penelitan ini
yakni 60 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
angket, wawancara dan dokumen.
Hasil penelitian yang telah dilaksanakan kepada mahasiswa program studi
Pendidikan Ekonomi Universitas Jember menunjukan literasi keuangan memiliki
pengaruh yang signifikan terhadapa keputusan penggunaan pemabayaran digital
pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi universitas jember. Hal ini di
buktikan dengan literasi keuangan (X) memperoleh nilai thitung sebesar 4,907 dan
nilai thitung tersebut memiliki nilai lebih besar dari ttabel yang memiliki nilai sebesar
1,670. Sedangkan dilihat dari hasil uji koefisien determinasi yang menunjukan
bahwa literasi keuangan berpengaruh sebesar 62,4% terhadap keputusan
pengunaan pembayaran digital dan 37,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya
seperti Inklusi Keuangan terhadap keputusan penggunaan pemabayaran digital