dc.contributor.author | S, Nadatuzzahro | |
dc.date.accessioned | 2024-08-12T03:55:54Z | |
dc.date.available | 2024-08-12T03:55:54Z | |
dc.date.issued | 2024-07-26 | |
dc.identifier.nim | 170210402052 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123488 | |
dc.description.abstract | Buku paket Bahasa Indoensia kelas VII SMP kurikulum merdeka merupakan buku yang
digunakan pada pembelajaran di sekolah kelas VII SMP. Buku paket Bahasa Indonesia yang
sudah dibuat tersebut sudah terstandartisasi oleh kementerian pendidikan dan diedarkan untuk
pembelajaran di sekolah. Namun, buku yang dirancang oleh tim ahli dan sudah lulus standart
oleh pemerintah ternyata masih ditemukan kekurangan.
Salah satu kekurangan yang terdapat pada buku paket Bahasa Indonesia adalah
ketidakefektifan kalimat soal. Ketidakefektifan dalam soal dan instruksi tersebut menyebabkan
banyak siswa yang kesulitan dalam mengerjakan soal yang ada pada buku paket. Kesalahan
dalam mengerjakan soal yang disebabkan karena ketidakefektifan soal membuat siswa
mendapat nilai yang tidak sempurna.
Salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan penelitian
tentang ketidakefektifan kalimat soal yang ada pada buku paket yang digunakan. Penelitian
dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan
cara datang secara langsung ke sekolah yang dituju yaitu SMP Negeri 1 Ambulu. Penelitian ini
dilakukan pada siswa kelas VII C.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ternyata kalimat soal yang ada pada buku teks
yang menunjukkan ketidakefektifan. Hal ini ditunjukkan dari beberapa kalimat soal yang tidak
efektif. Seperti kurangnya petunjuk, ketidakjelasan instruksi, dan soal yang terlalu panjang
sehingga siswa merasa kesulitan dalam memahami soal. Hal lain yang ditunjukkan dalam
permasalahan ini adalah hasil perolehan jawaban siswa yang masih banyak kekeliruan dan
kurang tepat dalam menjawab soal. Terbukti pada satu soal yang diuji coba, siswa hampir
seluruhnya salah. Kesalahan dalam menjawab di antaranya karena kurang teliti dan
kebingungan bacaan yang dituju karena tidak ada instruksi jelas. Salah satu siswa
mengungkapkan bahwa soal yang ada susah dipahami karena instruksi soal kurang jelas.
Saran yang dapat diberikan dalam penelitian yang berjudul “ketidakefektifan Kalimat
Soal Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas VII SMP: Kurikulum Merdeka Tahun 2021 ” adalah
1) bagai mahasiswa pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, disarankan untuk melakukan
penelitian sejenis yang berkaitan dengan ketidakefektifan kalimat. Hal ini karena bahasa indonesia, disarankan untuk lebih teliti dalam mengajarkan buku paket yang ada. 3) bagi
peneliti lain yang satu bidang ilmu, disarankan untuk mengembangkan aspek penelitian yang
masih belum terjangkau oleh penelitian ini. 4) bagi penulis buku teks, disarankan untuk
menjadikan penelitian ini sebagai masukan dalam penyususnan buku paket. Hal ini karena buku
paket yang disusun merupakan buku ajar untuk anak SMP kelas VII, diharapkan penyusunan
kalimat dan gambar, serta instruksi soal mudah untuk dipahami | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Dr. Arief Rijadi, M.Si., M.Pd.
Pembimbing Anggota Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Bahasa Indonesia | en_US |
dc.subject | Keefektifitasan Kalimat | en_US |
dc.subject | Kalimat Efektif | en_US |
dc.subject | Kalimat Soal | en_US |
dc.subject | Buku Paket | en_US |
dc.title | Analisis Kalimat Soal Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Kurikulum Merdeka 2021 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Arief Rijadi, M.Si., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 7 Agustus 2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_07_tanggal 10 | en_US |