dc.contributor.author | PYRENIA, Adisty | |
dc.date.accessioned | 2024-08-12T03:16:30Z | |
dc.date.available | 2024-08-12T03:16:30Z | |
dc.date.issued | 2024-01-16 | |
dc.identifier.nim | 200210102103 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123452 | |
dc.description | Finalisasi repositori tanggal 12 Agustus 2024_Kurnadi_Rara | en_US |
dc.description.abstract | Pesatnya perkembangan globalisasi pada abad ke-21 biasanya ditandai dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat meningkatkan hubungan dan keterbukaan antar bangsa di seluruh dunia melalui pendidikan. Oleh karena itu, para peneliti ingin menerapkan media chatbot sebagai media pembelajaran interaktif dalam penelitiannya. Itu Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh signifikan penerapan chatbot media terhadap minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bersifat eksperimental penelitian menggunakan desain kelompok kontrol posttest-only. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 tepatnya di SMAN 3 Jember. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode uji homogen, acak dipilih untuk memperoleh kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan hasil tersebut Uji Independent Sample T-test minat belajar diperoleh hasil Sig. (2 ekor) dari tes Mandiri sebesar 0,000. Jadi sesuai dengan ketentuan yang ada, jika Nilai Uji Independen dikatakan nilai signifikan diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat a pengaruh signifikan media pembelajaran chatbot terhadap minat belajar fisika. Sedangkan pada data hasil belajar Man-Whitney U-Test non parametrik. Hasil uji Non Paramentrik menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari chatbot media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. kesimpulan mengenai keberadaannya adanya hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Chatbot | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.subject | Media Interaktif | en_US |
dc.subject | Minat Belajar | en_US |
dc.subject | Sedang belajar | en_US |
dc.title | Pengaruh Media Pembelajaran Chatbot terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Fluida Statis di Kelas 2 SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Fisika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Singgih Bektiarso, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Drs. Maryani, M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | reva | en_US |