Pengaruh Media Pembelajaran Chatbot terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Fluida Statis di Kelas 2 SMA
Abstract
Pesatnya perkembangan globalisasi pada abad ke-21 biasanya ditandai dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat meningkatkan hubungan dan keterbukaan antar bangsa di seluruh dunia melalui pendidikan. Oleh karena itu, para peneliti ingin menerapkan media chatbot sebagai media pembelajaran interaktif dalam penelitiannya. Itu Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh signifikan penerapan chatbot media terhadap minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bersifat eksperimental penelitian menggunakan desain kelompok kontrol posttest-only. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 tepatnya di SMAN 3 Jember. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode uji homogen, acak dipilih untuk memperoleh kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan hasil tersebut Uji Independent Sample T-test minat belajar diperoleh hasil Sig. (2 ekor) dari tes Mandiri sebesar 0,000. Jadi sesuai dengan ketentuan yang ada, jika Nilai Uji Independen dikatakan nilai signifikan diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat a pengaruh signifikan media pembelajaran chatbot terhadap minat belajar fisika. Sedangkan pada data hasil belajar Man-Whitney U-Test non parametrik. Hasil uji Non Paramentrik menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari chatbot media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. kesimpulan mengenai keberadaannya adanya hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012
Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ... -
PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ... -
PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
HADRIANTI BADU (2014-01-29)Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...