dc.contributor.author | Ashari, Ayu Desinda | |
dc.date.accessioned | 2024-08-12T02:13:19Z | |
dc.date.available | 2024-08-12T02:13:19Z | |
dc.date.issued | 2023-12-06 | |
dc.identifier.nim | 190210205022 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123382 | |
dc.description | Finalisasi repositori tanggal 12 Agustus 2024_Kurnadi_Lana | en_US |
dc.description.abstract | Kinerja kepala sekolah adalah capaian kepala sekolah yang berkaitan
dengan pelaksanaan tugas, fungsi dan tanggung jawabnya dalam mengelola
sekolah yang dipimpinnya. Tugas pokok dan fungsi kepala sekolah menurut
Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 adalah sebagai manajer, pendidik,
administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator.
Dari kegiatan observasi awal yang dilakukan di TK ARNI Jember bahwa
kepala sekolah di TK ARNI menjalankan tugas pokok dan fungsi yang begitu
kompleks, namun kepala sekolah juga menjalankan tugas tambahan lain di luar
tugas pokok atau utamanya yaitu sebagai bendahara dalam pertemuan satu
gugus (KKG), sebagai sekretaris pada komunitas sekolah penggerak se
Kabupaten Jember, dan kepala sekolah sering ditugaskan sebagai narasumber
di TK-TK lain maupun pada webinar online.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “bagaimanakah kinerja
kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi di TK ARNI
Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?” Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan bagaimana kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan
tugas pokok dan fungsi di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif.
Pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi yang dilakukan mulai tanggal 29 Mei - 13 Juni 2023. Teknik
analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di TK ARNI Jember,
tugas pokok atau utama maupun tugas tambahan yang dijalankan kepala sekolah
dapat diselesaikan tepat waktu atau sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.
Strategi yang digunakan kepala sekolah adalah membuat tim kerja pada guru
seperti membagi dan mengatur tugas pendidik dan tenaga kependidikan dalam
menjalankan tugas-tugas administrasi seperti bendahara, sekretaris dan operator
sekolah. Pada awalnya kepala sekolah yang mengerjakan tugas sebagai
bendahara, sekarang sudah terdapat guru yang diberi tanggung jawab oleh kepala
sekolah untuk menjadi bendahara. Kepala sekolah juga sudah memberi tanggung
jawab pada guru yang lain untuk menjadi sekretaris, kepala sekolah juga
terkadang dibantu oleh operator TU dalam mengerjakan tugas yang memang berat
jika dikerjakan sendiri oleh kepala sekolah. Hal ini dapat terjadi karena kepala
sekolah TK ARNI Jember terus memberi bimbingan, pengarahan, serta
pembinaan kepada para guru.
Kendala kepala sekolah dalam menjalankan tugas utamanya yaitu terdapat
pada sumber daya manusianya. Karena masih terdapat guru yang masih susah
untuk diajak maju, susah untuk mau mempelajari atau belajar sesuatu yang baru,
juga masih terdapat beberapa guru yang susah untuk diarahkan. Kepala sekolah
TK ARNI Jember juga pernah mengerjakan sendiri semua tugas termasuk
menjadi bendahara dan sekretaris. Hal inilah yang menyebabkan kepala sekolah
sering merasa kewalahan, kelelahan dan stress saat menjalankan tugas karena
tidak ada yang membantu.
Saran bagi kepala sekolah diharapkan dapat lebih meningkatkan lagi mutu
sumber daya manusianya supaya dapat membantu kepala sekolah dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya | en_US |
dc.description.sponsorship | 1. Pembimbing Utama Nama : Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd
2. Pembimbing Anggota Nama : Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Kinerja Kepala Sekolah | en_US |
dc.subject | Melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi | en_US |
dc.title | Kinerja Kepala Sekolah dalam Melaksankan Tugas Pokok dan Fungsi di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 22 Januari 2024 | en_US |