Show simple item record

dc.contributor.authorPutri, Shindy Lucky Lukman
dc.date.accessioned2024-08-12T01:33:36Z
dc.date.available2024-08-12T01:33:36Z
dc.date.issued2024-01-11
dc.identifier.nim190210204226en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123340
dc.description.abstractPembelajaran yang dilakukan di sekolah harus memperhatikan kondisi sekolah termasuk pemanfaatan pertanian lokal yang digunakan dalam belajar. Pembelajaran menggunakan pertanian lokal merupakan sarana belajar yang dapat membantu peserta didik mengaitkan materi yang dipelajari dengan keadaan yang nyata, sehingga hasil pembelajaran lebih bermakna bagi peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran tersebut tidak terlepas dengan adanya sarana pembelajaran yang tersedia untuk mendapatkan informasi mengenai pertanian lokal, salah satunya ialah bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang dapat membantu Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD). Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN 2 Kaligondo diketahui bahwa untuk mata pelajaran IPAS guru belum pernah mengembangkan secara pribadi E-LKPD. Pembelajaran IPAS dilakukan menggunakan buku paket dan buku pendamping yang didalamnya memuat materi-materi secara umum dan belum memasukkan unsur pertanian lokal sehingga peserta didik merasa kesulitan untuk memahami materi yang diajarkan, cara itu juga menjadikan pelajaran IPAS menjadi kurang menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembengan E-LKPD IPAS Berbasis Pertanian Lokal Banyuwangi melalui Liveworksheet untuk Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Kaligondo dan mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan E-LKPD IPAS Berbasis Pertanian Lokal Banyuwangi melalui Liveworksheet untuk Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Kaligondo Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model Borg and Gall, yang memiliki 10 tahapan penelitian, namun pada penelitian ini hanya sampai tahapan ke-8 karena rumusan masalah dan tujuan penelitian sudah terjawab. Penelitian dilakukan di SDN 2 Kaligondo dengan jumlah peserta didik 34 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes hasil belajar, angket respons peserta didik dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data hasil validasi E-LKPD, analisis data hasil belajar peserta didik, dan presentase respons peserta didik. Hasil validasi yang diperoleh dari keempat validator ahli adalah 90,73 dengan kategori sangat layak. Keefektifan diperoleh skor 91,17 dalam kategori sangat efektif yang diukur dari tes hasil belajar peserta didik. Kepraktisan diperoleh presentase skor 87,23 dalam kategori sangat praktis yang diukur berdasarkan angket respons peserta didik. Berdasarkan hasil pengembangan E-LKPS IPAS Berbasis Pertanian Lokal Banyuwangi melalui Liveworksheet dapat disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan sangat layak, sangat efektif, dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Adapun harapan yang diberikan untuk peserta didik, E-LKPD IPAS Berbasis Pertanian Lokal Banyuwangi melalui Liveworksheet merupakan pengalaman pembelajaran baru yang menyenangkan. Melalui hal tersebut peserta didik diminta untuk lebih semangat dan dapat memotivasi untuk lebih giat lagi dalam belajar. Bagi guru, diharapkan dalam pembelajaran untuk memperkenalkan pertanian lokal Banyuwangi supaya peserta didik lebih mengenal dan mengetahui banyaknya hasil pertanian Banyuwangi yang sangat melimpah didaerah sekitar tempat tinggalnya. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi penelitian selanjutnya karena penelitian ini menggunakan kurikulum merdeka.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Zetti Finali, S.Pd., M.Pd. 2. Pembimbing Anggota Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPengembangan E-LKPD IPASen_US
dc.subjectPertanian Lokal Banyuwangien_US
dc.subjectLiveworksheeten_US
dc.titlePengembangan E-LKPD IPAS Berbasis Pertanian Lokal Banyuwangi melalui Liveworksheet untuk Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Kaligondoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Sien_US
dc.identifier.validatorKacung- 24 Januari 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record