dc.contributor.author | HIDAYATI, Nabila Zatil | |
dc.date.accessioned | 2024-08-08T08:13:23Z | |
dc.date.available | 2024-08-08T08:13:23Z | |
dc.date.issued | 2023-07-21 | |
dc.identifier.nim | 180210205085 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123273 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik_Lela Tgl 08 Agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Anak usia dini harus ditanamkan sikap kerjasama, yang akan berdampak di
kemudian hari. Kerjasama dapat membantu anak-anak menjadi lebih peka,
berkomunikasi lebih baik, dan menghargai orang lain. Disini peneliti berupaya
tercapainya kemampuan bekerjasama anak. Dengan pemberian reward sebagai
metode. Pada kegiatan ini, anak melakukan kegiatan bermain berkelompok, dalam
kegiatan ini anak diberikan cap bintang ketika anak dapat melakukan tugas dengan
baik, kemudian mereka mengumpulkan cap bintang yang diperoleh. Reward yang
diberikan kepada anak terdapat 2 jenis reward yakni verbal dan non verbal.
Berdasarkan penjabaran latar belakang tersebut maka rumusan masalah
dalam penelitian ialah Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Capaian
Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 6-7 Tahun Di Ra Perwanida 01 Wirolegi
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022-2023.
Pola penilitian ini menggunakan jenis Quasi Experimental (eksperimental
semu) menggunakan desain Non-Equivalen Control Group. Anak-anak kelompok
B di RA Perwanida 01 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember adalah
subjek dalam penelitian ini. Mereka berjumlah 26 anak. Survei ini akan dilakukan
pada bulan Mei 2023, dan diadakan sebanyak 5 pertemuan. Kegiatan ini meliputi:
pemberian soal tes sebelum perlakukan (pre-test), Treatment (perlakukan) yang
berbeda dan pemberian soal setelah pelakukan (post-test) pada setiap kelompok.
Alat pada penelitian berupa lembar observasi dan mengujinya terhadap
indikator yang akan dievaluasi. Indikator-indikator yang akan dinilai mengenai
kemampuan bekerjasama anak tentang indikator kemampuan bekerja sama anak antara lain; 1) Anak dapat berinteraksi dan bergabung bersama, 2) Memiliki rasa
Tanggungjawab untuk menyelesaikan tugasnya, 3) Saling tolong- menolong serta
membantu kelompok.
Hasil penelitian melalui hasil kegiatan pre-test 41,61 pada kelompok
eksperimen sedangkan untuk kelompok kontrol sebsar 39,07. Kemudian kegiatan
post-test 55,07 pada kelompok eksperimen serta 49,3 pada kelompok kontrol. Pada
teknik analisis data dihasilkan t-hitung sebesar 5,961 hasil tersebut selanjutnya akan
dikonsultasikan pada tabel. Sehingga t-tabel = 1,710 sehingga dapat dikatakan
bahwa t-hitung > t-tabel yaitu 5,961 > 1,710. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa adanya pengaruh pemberian reward terhadap capaian kemampuan
bekerjasama anak usia 6-7 tahun di RA Perwanida 01 Wirolegi Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing I : Dr. Nanik Yuliati, M.Pd.
Pembimbing II : Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | KERJASAMA | en_US |
dc.subject | PUZZLE WOOD | en_US |
dc.subject | REWARD | en_US |
dc.title | Pengaruh Pemberian Reward terhadap Capaian Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 6-7 Tahun di RA Perwanida 01 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022-2023 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Nanik Yuliati, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 11 Oktober 2023 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |