Show simple item record

dc.contributor.authorHIDAYATI, Nabila Zatil
dc.date.accessioned2024-08-08T08:13:23Z
dc.date.available2024-08-08T08:13:23Z
dc.date.issued2023-07-21
dc.identifier.nim180210205085en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123273
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lela Tgl 08 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractAnak usia dini harus ditanamkan sikap kerjasama, yang akan berdampak di kemudian hari. Kerjasama dapat membantu anak-anak menjadi lebih peka, berkomunikasi lebih baik, dan menghargai orang lain. Disini peneliti berupaya tercapainya kemampuan bekerjasama anak. Dengan pemberian reward sebagai metode. Pada kegiatan ini, anak melakukan kegiatan bermain berkelompok, dalam kegiatan ini anak diberikan cap bintang ketika anak dapat melakukan tugas dengan baik, kemudian mereka mengumpulkan cap bintang yang diperoleh. Reward yang diberikan kepada anak terdapat 2 jenis reward yakni verbal dan non verbal. Berdasarkan penjabaran latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ialah Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Capaian Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 6-7 Tahun Di Ra Perwanida 01 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022-2023. Pola penilitian ini menggunakan jenis Quasi Experimental (eksperimental semu) menggunakan desain Non-Equivalen Control Group. Anak-anak kelompok B di RA Perwanida 01 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember adalah subjek dalam penelitian ini. Mereka berjumlah 26 anak. Survei ini akan dilakukan pada bulan Mei 2023, dan diadakan sebanyak 5 pertemuan. Kegiatan ini meliputi: pemberian soal tes sebelum perlakukan (pre-test), Treatment (perlakukan) yang berbeda dan pemberian soal setelah pelakukan (post-test) pada setiap kelompok. Alat pada penelitian berupa lembar observasi dan mengujinya terhadap indikator yang akan dievaluasi. Indikator-indikator yang akan dinilai mengenai kemampuan bekerjasama anak tentang indikator kemampuan bekerja sama anak antara lain; 1) Anak dapat berinteraksi dan bergabung bersama, 2) Memiliki rasa Tanggungjawab untuk menyelesaikan tugasnya, 3) Saling tolong- menolong serta membantu kelompok. Hasil penelitian melalui hasil kegiatan pre-test 41,61 pada kelompok eksperimen sedangkan untuk kelompok kontrol sebsar 39,07. Kemudian kegiatan post-test 55,07 pada kelompok eksperimen serta 49,3 pada kelompok kontrol. Pada teknik analisis data dihasilkan t-hitung sebesar 5,961 hasil tersebut selanjutnya akan dikonsultasikan pada tabel. Sehingga t-tabel = 1,710 sehingga dapat dikatakan bahwa t-hitung > t-tabel yaitu 5,961 > 1,710. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian reward terhadap capaian kemampuan bekerjasama anak usia 6-7 tahun di RA Perwanida 01 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing I : Dr. Nanik Yuliati, M.Pd. Pembimbing II : Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKERJASAMAen_US
dc.subjectPUZZLE WOODen_US
dc.subjectREWARDen_US
dc.titlePengaruh Pemberian Reward terhadap Capaian Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 6-7 Tahun di RA Perwanida 01 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022-2023en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nanik Yuliati, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 11 Oktober 2023en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record