Show simple item record

dc.contributor.authorKOMARIA, Nurul
dc.date.accessioned2024-08-08T08:05:04Z
dc.date.available2024-08-08T08:05:04Z
dc.date.issued2023-12-21
dc.identifier.nim190230104001en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123268
dc.description.abstractPengenalan pemanfaatan cascara pada mahasiswa untuk teh herbal kesehatan dilakukan guna memanfaatkan potensinya dan meneruskan agar komoditi ini tetap berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keterampilan metakognisi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah riset mengenai cascara untuk teh herbal kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode campuran, menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil keterampilan metakognisi mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran RBL-STEM, sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis kegiatan pembelajaran dan gambaran fase keterampilan metakognisi mahasiswa. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, masing-masing terdiri dari 50 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) pada uji independent sample t-test adalah 0,000 (p<0.05), menyiratkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis riset dengan pendekatan STEM dapat meningkatkan keterampilan metakognisi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah riset mengenai cascara sebagai teh herbal Kesehatan. Observasi terhadap aktivitas belajar mahasiswa menunjukkan hasil sebesar 91,6%, menempatkan siswa kelas eksperimen dalam kategori "sangat aktif". Ini menandakan bahwa penggunaan model pembelajaran RBL-STEM efektif dalam meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan keterampilan metakognisi mereka dalam menghadapi tantangan penelitian terkait cascara untuk teh herbal kesehatan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKeterampilan Metakognisien_US
dc.subjectRBL-STEMen_US
dc.subjectCascaraen_US
dc.titlePengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Riset dengan Pendekatan Stem dalam Meningkatkan Keterampilan Metakognisi Mahasiswa Menyelesaikan Masalah Pemanfaatan Cascara untuk Teh Herbal Kesehatanen_US
dc.typeDisertasien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Suratno, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Sudarti, M.Kesen_US
dc.identifier.validatorrevaen_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record