Pengembangan Instrumen Penilaian Berbantuan Wordwall untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Pembelajaran IPA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan instrumen penilaian berbantuan wordwall dalam mengukur keterampilan proses sains peserta didik pada pembelajaran IPA SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada prosedur model pengembangan Borg and Gall yang memiliki tahapan meliputi penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, validasi desain produk, revisi produk utama, uji lapangan utama, revisi produk operasional, uji lapangan operasional, revisi produk akhir. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Ajung Jember. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar validasi, lembar kepraktisan, lembar angket siswa, dan tes keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian terdiri dari analisis uji validitas, analisis uji kepraktisan, dan analisis uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 soal pilihan ganda yang dikembangkan dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa berdasarkan penilaian 3 validator dinyatakan sangat valid dan layak digunakan tanpa revisi. Dua puluh soal pilihan ganda yang diujikan memiliki validitas butir soal yang valid. Instrumen penilaian memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,612. Analisis tingkat kesukaran diperoleh 5 soal kriteria mudah, 14 soal kriteria sedang, dan 1 soal kriteria sukar. Keefektifan instrumen penilaian diperoleh hasil rata-rata keterampilan proses sains peserta didik sebesar 55% yang termasuk kategori cukup dan angket respon peserta didik sebesar 81% sehingga dinyatakan sangat baik.