Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian posttest only control group design. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Jember dengan materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya pada Kehidupan. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran treffinger berdampak signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai kelas eksperimen pada kemampuan berpikir kritis mencapai 72,45 lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya memiliki nilai rata-rata 51,53. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dikelas eksperimen mencapai nilai 79,85 sedangkan pada kelas kontrol 46,47. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikasi pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yakni 0,000 atau kurang 0,05 yang berarti hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.