dc.contributor.author | KURNIAWAN, Achmad Galeh Indra | |
dc.date.accessioned | 2024-06-19T07:16:31Z | |
dc.date.available | 2024-06-19T07:16:31Z | |
dc.date.issued | 2024-01-30 | |
dc.identifier.nim | 192410101077 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121602 | |
dc.description | validasi_repo_firli_Maret_2024_7 | en_US |
dc.description.abstract | BRImo merupakan aplikasi keuangan dan pembayaran digital terbaru dari
BRI yang dirilis pada akhir Februari 2019 sebagai gambaran dari berkembang
pesatnya layanan mobile payment di Indonesia. Berbagai fenomena kesuksesan
sebagai layanan mobile payment terbaik di Indonesia, aplikasi BRImo
membuktikannya dalam ajang penghargaan Satisfaction, Loyalty, and
Engagement 2021. BRImo juga terus mencatatkan tren peningkatan pengguna
baru dalam lima tahun terakhir, yang mana diiringi dengan peningkatan jumlah
transaksi yang signifikan. Disatu sisi dengan dukungan dari penelitian terdahulu
tentang kepuasan yang merupakan salah satu pendorong paling signifikan bagi
niat keberlanjutan, aplikasi BRImo menunjukkan hasil persentase kepuasan
pengguna sebesar 81,33%, hal ini membuktikan bahwa pengguna secara
keseluruhan merasa "sangat puas" dengan layanan. Dari Isu tersebut, menarik
untuk diteliti bagaimana pengaruh antara evaluasi kesuksesan terhadap faktor
faktor pembentuk niat keberlanjutannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pembentuk niat
keberlanjutan penggunaan aplikasi BRImo menggunakan integrasi model ISSM
dan ECM dari model yang dikembangkan oleh penelitian sebelumnya. Hasil
penelitian diharapkan dapat mengetahui hasil uji model fit terhadap integrasi
model pada ruang lingkup penelitian aplikasi BRImo di Indonesia, faktor apa saja
yang berpengaruh positif dan signifikan, serta pemberian rekomendasi perbaikan
kepada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk untuk meningkatkan niat
penggunaan aplikasi BRImo secara berlanjut. Penelitian ini menargetkan
pengguna aplikasi BRImo di seluruh Indonesia yang melakukan transaksi minimal
dua kali dalam satu bulan sebagai responden, dengan total minimal 320 sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pengaruh bersama variabel
independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 47,7%-69,9% yang
termasuk moderat dan tinggi, model penelitian juga mempunyai kecocokan yang
dapat diterima (acceptable fit) dengan nilai SRMR 0,096, dan nilai Goodness of
Fit Index menunjukkan nilai 0,511 yang termasuk kategori GoF tinggi. Dari
analisis struktural model didapatkan bahwa dari 19 hipotesis yang diusulkan, 15
diterima, dan 4 lainnya ditolak. Dari 15 hipotesis yang positif dan signifikan, 2
diantaranya diberikan rekomendasi yang dapat ditingkatkan karena berada pada
kategori "Baik" sehingga masih dapat ditingkatkan, yaitu pada variabel service
quality pada semua indikator dan variabel use pada indikator purchase products
and services (menggunakan aplikasi BRImo untuk membeli berbagai produk dan
layanan yang ditawarkan) dan withdraw money (menggunakan fitur pada aplikasi
BRImo untuk menarik tunai secara langsung melalui ATM) | en_US |
dc.description.sponsorship | Beny Prasetyo, S.Kom., M.Kom
Windi Eka Yulia Retnani, S.Kom.,MT | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Komputer | en_US |
dc.subject | Integrasi Model Information System Success Model | en_US |
dc.subject | Expectation Confirmation Model | en_US |
dc.subject | Aplikasi Mobile Banking | en_US |
dc.subject | Aplikasi BRImo | en_US |
dc.title | Integrasi Model Information System Success Model (ISSM) dan Expectation Confirmation Model (ECM) untuk Menganalisis Faktor Pembentuk Niat Keberlanjutan Penggunaan Aplikasi BRI Mobile (BRImo) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Sistem Informasi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Beny Prasetyo, S.Kom., M.Kom | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Windi Eka Yulia Retnani, S.Kom.,MT | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_Maret_2024_7 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 19 | en_US |