dc.contributor.author | PUTRI, Sulis Diana | |
dc.date.accessioned | 2024-01-23T08:17:13Z | |
dc.date.available | 2024-01-23T08:17:13Z | |
dc.date.issued | 2024-01-05 | |
dc.identifier.nim | 180910202038 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119602 | |
dc.description | validasi_repo_firli_januari_2024_23 | en_US |
dc.description.abstract | Fenomena semakin berkembangnya usaha bisnis makanan di Jember ikut
mempengaruhi keputusan pembelian, terutama pada pemilihan tempat makan
menjadi latar belakang dari penelitian ini yaitu Rumah Makan Mie Sakera Jember.
Rumah Makan Mie Sakera Jember mampu bersaing dengan kompetitor dilihat
dari penilaian melalui Google Review dengan total 4,5 penilaian ringkasan ulasan
(bintang) yang diperoleh. Pengambilan keputusan adalah suatu kegiatan seseorang
yang secara langsung terlibat untuk mendapatkan dan menggunakan barang yang
telah ditawarkan dari berbagai altenatif penyelesaian masalah dengan tindak lanjut
yang nyata. Konsumen dapat melakukan evaluasi terhadap pilihan produk dan
kemudian dapat mengambil keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial
instagram terhadap keputusan pembelian secara silmutan dan parsial, serta
mengetahui variabel independen (sosial media marketing instagram) manakah
yang memiliki pengaruh dominan terhadap variabel dependen (keputusan
pembelian). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah followers intagram Rumah Makan Mie
Sakera Jember. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Pengujian instrumen
penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang
digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana dengan uji T dan uji R.
Berdasarkan besar nilai Adjusted R-square dapat diketahui apabila pennyebaran
informasi dilakukan dengan promosi sistem sosial media marketing dengan
internet dan media sosial maka akan meningkatkan keputusan beli sebesar 0,79
yang ditunjukkan dengan nilai koefisien positif senilai itu, sehingga setiap
peningkatan penggunaan media elektronik dalam sistem sosial media marketing
maka akan menaikkan keputusan pembelian konsumen Mie Sakera sebesar 0,79,
sebab sosial media marketing merupakan sistem penyebaran informasi dari satu
orang ke orang lain dengan media berupa media elektronik, sehingga konsumen
yang melihat dan membaca serta melakukan akses tersebut akan terpengaruh
dengan informasi yang terdapat dalam media tersebut. | en_US |
dc.description.sponsorship | Drs. Suhartono, MP. dan Dr. Yuslinda Dwi Handini, S.Sos., M.AB. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | en_US |
dc.subject | Perilaku Konsumen | en_US |
dc.subject | Bauran Pemasaran | en_US |
dc.subject | Sosial Media Marketing | en_US |
dc.subject | Komunikasi Pemasaran | en_US |
dc.title | Pengaruh Sosial Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sakera Di Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Ilmu Administrasi Bisnis | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Suhartono, MP. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Yuslinda Dwi Handini, S.Sos., M.AB. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_januari_2024_23 | en_US |
dc.identifier.finalization | Teddy | en_US |