Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan melalui E-SIAP (Elektronik Sistem Aplikasi Pendaftaran) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar
Abstract
Pada dasarnya pelayanan merupakan salah satu fungsi dari pemerintah. Tuntutan akan
pelayanan yang berkualitas oleh masyarakat mendorong pemerintah melakukan inovasi dalam pelayanan
publik. Perkembangan teknologi informasi pada saat ini sedikit banyak membawa perubahan dalam
berbagai bidang kehidupan. Menyikapi hal tersebut pemerintah Kabupaten Blitar khusunya Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar berupaya menciptakan inovasi pelayanan
kependudukan berbasis web yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun yaitu E-SIAP atau Elektronik
Sistem Aplikasi Pendaftaran. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan
tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar melalui aplikasi E-SIAP. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Kemudian untuk informan penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling
dan untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta
menggunakan bahan referensi. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan model interktif.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa menurut dimensi kualitas pelayanan, kualitas pelayanan
administrasi kependudukan melalui E-SIAP telah telaksana dan memenuhi dimensi kualitas pelayanan
publik. Namun terdapat kendala terkait aplikasi E-SIAP yaitu kurang populer dalam pelayanan
kependudukan di Kabupaten Blitar dikarenakan kurangnya sosialisasi oleh petugas sehingga
mengakibatkan sedikitnya jumlah pengguna E-SIAP.