dc.contributor.author | ISMAWATI, Nurlina | |
dc.date.accessioned | 2023-03-21T08:01:09Z | |
dc.date.available | 2023-03-21T08:01:09Z | |
dc.date.issued | 2021-07-06 | |
dc.identifier.nim | 170210205051 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113359 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 21 Maret 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Kecerdasan interpersonal memberi pengaruh besar terhadap kepercayaan
diri seorang anak. Anak yang memiliki kecerdasan interpersonal yang baik akan
mudah diterima oleh lingkungannya, memiliki harga diri dan mampu menerima
eksistensi dirinya. Pada anak autis ringan, kecerdasan interpersonal masih
tergolong rendah. Namun kemampuan kecerdasan interpersonal pada anak autis
ringan pada kegiatan interaksi sosial menunjukkan bahwa anak autis masih
mampu memperlihatkan pola-pola perilaku prososial yaitu tampak ekspresi yang
ditunjukkan saat mencontoh guru atau orangtua, mampu menyapa teman ketika
diarahkan orangtua dan guru, bersedia diajak bersosialisasi dengan orang lain,
juga menunjukkan partisipasi dalam kelompok seperti bekerja sama dan
berperilaku sesuai norma yang ada walaupun semua perlu arahan guru dan
orangtua. Pada anak dengan gangguan autis ringan, peluang untuk
mengembangkan kecerdasan interpersonalnnya masih cukup besar.
Potensi-potensi tersebut dapat digali dengan sebuah alat ukur yang mudah
digunakan oleh pendidik dan orang tua berupa instrumen asesmen kecerdasan
interpersonal. Akan tetapi pengembangan instrumen asesmen kecerdasan
interpersonal pada anak autis, khususnya pada anak autis ringan masih sangat
sedikit yang mengembangkannya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah
bagaimanakah hasil pengembangan instrumen asesmen kecerdasan interpersonal
anak usia 5-6 tahun dengan gangguan autis ringan?
Untuk menjawab rumusan masalah tersebut peneliti melakukan penelitian
pengembangan instrumen asesmen kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun
dengan gangguan autis ringan. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Cahaya Nurani Resource Center dengan subjek penelitian tiga anak autis ringan.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan penelitian dan
pengembangan (Research & Development) dengan model ADDIE dan
menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan
kuisioner/angket. Pada pengembangan instrumen ini terdapat beberapa tahap yang
harus dilaksanakan oleh peneliti, yaitu tahap analysis (analisis), tahap design
(perancangan), tahap development (pengembangan), tahap implementation
(implementasi), tahap evaluation (evaluasi).
Dari tahap-tahap yang sudah dilakukan, pengembangan instrumen
kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun dengan gangguan autis ringan yaitu
memiliki karakteristik bentuk asesmen checklist yang terdiri atas 15 butir. Aspek
perkembangan kecerdasan interpersonal yang ada di dalam perkembangan
instrumen asesmen ini yaitu kepekaan dalam membedakan dan merespon perilaku
yang ditampilkan orang lain. Dari aspek tersebut diperoleh 15 butir indikator
kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun dengan gangguan autis ringan. Uji
validitas ahli diperoleh dari rumus koefisien validitas CVR sebesar 0,33 yang
menunjukkan bahwa butir instrumen asesmen kecerdasan interpersonal anak usia
5-6 tahun dengan gangguan autis ringan telah memenuhi validitas isi. Pada uji
reliabilitas instrumen asesmen yang peneliti lakukan diperoleh hasil uji reliabilitas
sebesar 0,96 dengan penghitungan menggunakan rumus alpha cronbach’s. Uji
reliabilitas dengan skor 0,96 masuk dalam kategori sangat kuat. Dari hasil uji
validitas dan reliabilitas dapat diambil kesimpulan bahwa instrumen asesmen
yang peneliti kembangkan valid dan reliabel.
Hasil akhir dari penelitian pengembangan ini adalah instrumen asesmen
kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun dengan gangguan autis ringan
berbentuk checklist, yang terdiri atas 15 butir isi dengan satu aspek dan 15
indikator. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Dr. Nanik Yuliati, M.Pd.
Dosen Pembimbing Anggota : Senny Weyara D. Saputri, S.Psi.,M.A, | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN | en_US |
dc.subject | KECERDASAN INTERPERSONAL | en_US |
dc.subject | GANGGUAN AUTIS RINGAN | en_US |
dc.title | Pengembangan Instrumen Asesmen Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun dengan Gangguan Autis Ringan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Nanik Yuliati, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Senny Weyara D. Saputri, S.Psi., M.A. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung-19 Desember 2022 | en_US |