Strategi Pemasaran Batik Notonegoro Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Kebijakan pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah di masa pandemi Covid-19 berdampak pada penurunan omset penjualan pelaku UMKM di Indonesia. Batik Notonegoro, Jember, Jawa Timur termasuk UMKM yang mengalami penurunan omset penjualan karena pandemi covid-19. Untuk itu diperlukan strategi pemasaran selama pandemi covid-19 untuk dapat terus bertahan. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan literatur. Hasil penelitian ini adalah selama pandemi covid-19 strategi pemasaran yang dilakukan oleh Batik Notonegoro yaitu dengan memanfaatkan bauran pemasaran (Produk, Place, Price, dan Promosi) serta komunikasi pemasaran seperti pemasangan T Banner, promo penjualan di hari-hari tertentu, sistem Bundling, promosi langsung saat live instagram, donasi dan pelatihan membatik bersama masyarakat.