Pengembangan E-Comic Berbantuan Aplikasi Medibang Paint untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Teorema Pythagoras
Abstract
Pemahaman konsep adalah kemampuan menangkap pengertian-pengertian
seperti mampu mengungkapkan materi yang disajikan kedalam bentuk yang lebih
dipahami, mampu memberikan interpretasi, dan mampu mengaplikasikannya.
Dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari hari, siswa perlu memiliki
pemahaman konsep yang dapat digunakan untuk menyelesaikan suatu
permasalahan yang ada kaitannya dengan konsep yang dimiliki. Penguasaan
memahami suatu konsep akan diperlukan untuk konsep yang lainnya. Salah satu
konsep dalam matematika adalah teorema Pythagoras. Teorema Pythagoras
merupakan salah satu materi yang membutuhkan media dalam penyampaiannya.
Hal ini karena materi tersebut membutuhkan visualisasi konsep untuk mendapatkan
solusi yang tepat. E-comic berbantuan aplikasi Medibang Paint merupakan salah
satu media pembelajaran gratis yang dapat menjawab permasalahan tersebut. Media
pembelajaran ini menyediakan sarana untuk memvisualisasikan atau
mendemonstrasikan materi matematika yang dipelajari. Selain itu, pengguna dapat
merancang dan mendesain e-comic sesuai kebutuhan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and
development). Penelitian pengembangan berdasarkan model Thiagarajan (4-D).
Model 4-D berfungsi untuk mengembangkan suatu produk berupa media
pembelajaran dengan melakukan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pada
produk tersebut. Model 4-D terdiri atas empat tahap, yaitu pendefinisian (define),
perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate).
Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas VIII A di SMP Muhammadiyah 1
Jember. Uji kevalidan media dilakukan oleh tiga orang validator dengan mengisi
lembar angket validasi dan memberikan penilaian pada setiap indikator yang
diamati. Uji kepraktisan dilakukan dengan memberikan angket respon yang berisi kesan siswa setelah menggunakan media pembelajaran. Uji keefektifan dilakukan
dengan melakukan tes berupa pretest dan posttest untuk menghitung peningkatan
hasil nilai yang diperoleh sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran.
Hasil dari penelitian ini menunjukkkan bahwa media pembelajaran telah
memenuhi kriteria valid dengan tingkat kevalidan sangat tinggi, memenuhi kriteria
praktis dengan tingkat kepraktisan baik, dan kriteria efektif dengan tingkat tinggi.
Media yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa media e-comic berbantuan
aplikasi Medibang Paint pada materi teorema Pythagoras. Bagi pihak lain yang
ingin melakukan penelitian serupa disarankan yaitu sebaiknya dikembangkan pada
materi matematika yang lainnya sehingga dapat meningkatkan minat dan
kemampuan pemahaman siswa dalam belajar matematika serta jenis media
pembelajaran yang lebih bervariasi. Selain itu, peneliti selanjutnya diharapkan
dapat melakukan uji coba pada skala yang lebih besar untuk mengetahui tingkat
kepraktisan dan keefektifan media lebih mendalam.