Implementasi Proses Pelatihan Bahasa Inggris Dalam Mutu Lulusan di LKP English One Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana implementasi proses pelatihan Bahasa Inggris dalam meningkatkan mutu lulusan di LKP English One Banyuwangi. Di mana dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan pemilihan tempat penelitian berdasarkan metode purposive area. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi dari proses pelatihan bahasa Inggris dalam meningkatkan mutu lulusan di LKP English One Banyuwangi dilakukan dengan beberapa implementasi proses pelatihan antara lain : a) Analisis kebutuhan pelatihan, b) Tujuan dan sasaran pelatihan, c) Penentuan metode pelatihan, d) Pelaksanaan pelatihan, dan 5) Evaluasi. Dengan kriteria mutu lulusan antara lain : keterampilan bahasa Inggris, keterampilan perhotelan dan kapal pesiar, dan kesempatan kerja peserta pelatihan.
Kata Kunci: mutu lulusan