dc.description.abstract | Munculnya revolusi industri 4.0 memberikan dampak pada perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat. Pada era revolusi 4.0 semua
bidang kehidupan diarahkan pada teknologi digital, salah satunya yaitu bidang
pendidikan. Dunia pendidikan dituntut untuk memanfaatkan teknologi alam
kegiatan pembelajaran. Dengan kata lain, guru atau pendidik harus mampu
mengintegrasikan teknologi dalam aktivitas pembelajaran. Hal tersebut sesuai
dengan peraturan menteri pendidikan nomor 16 tahun 2007 yang kompetensi
dibidang teknologi informasi dan komunikasi harus dikuasai oleh guru. Guru kelas
IV di SDN Pace 03 Jember jarang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran,
hal tersebut membuat kegiatan pembelajaran menjadi monoton dan masih
tradisional. Blended learning berbantuan quizizz diterapkan dalam tema Indahnya
Keberagaman di Negeriku untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh penerapan blended learning berbasis
quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema indahnya keberagaman negeriku
di SDN Pace 3 Jember?”.
Desain penelitian menggunakan quasi eksperimental dengan pola pretestposttest control group design yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok
kontrol dan kelompok eksperimen. Untuk menentukan kelas kontrol dan
eksperimen, dilakukan uji homogenitas untuk mengetahui subyek penelitian
bersifat homogen atau tidak. Data yang digunakan untuk uji homogenitas adalah
Penilaian Akhir Semester Ganjil (PAS) kelas IVA dan IVB SDN Pace 3 Jember
Tahun Ajaran 2020/2021. Setelah dilakukan uji homogenitas dan hasilnya
homogen, maka selanjutnya penentuan kelas kontrol dan kelas ekperimen dengan
teknik undian. Hasil yang diperoleh dari teknik undian, kelas IVB sebagai kelas
eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol.
Hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung 4,036. Hasil tersebut kemudian
dibandingkan dengan ttabel, diketahui df = 38 pada taraf signifikansi 5% diperoleh
skor ttabel = 2,024. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 4,036 > 2,024 Ha diterima, hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh positif yang signifikan dari penerapan blended learning berbasis quizizz.
Hasil penghitungan uji keefektifan diperoleh hasil sebesar 55,1% dengan
kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa di kelas
eksperimen dengan pendekatan blended learning berbasis quizizz menunjukkan
55,1% lebih efektif jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan
pembelajaran secara konvensional pada pembelajaran tema Indahnya Keberagaman
Negeriku.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dipaparkan dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan blended learning berbantuan quizizz
terhadap hasil belajar kelas IV tema Indahnya Keberagaman Negeriku di SDN Pce
3 Jember. Saran dalam penelitian ini bagi pihak sekolah yaitu melengkapi fasilitas
yang dibutuhkan dalam penerapan blended learning berbantuan quizizz untuk
meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran, bagi peneliti lain diharapkan
melaksanakan penelitian lebih lanjut yang sejenis dengan tema yang berbeda. | en_US |