Pola-pola Komunikasi antara Penjual dan Pembeli di Pasar Mangli Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember (suatu tinjauan etnografi komunikasi)
Abstract
Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, manusia tentu tidak terlepas dari sebuah interaksi komunikasi. Oleh sebab itu, interaksi komunikasi dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Pada penelitian ini, peneliti mendeskripsikan terkait makna interaksi yang terjadi di Pasar Mangli, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, dan mengenai pola-pola interaksi beserta dengan prosesnya. . Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mendalam tentang proses-proses interaksi komunikatif antara penjual dan pembeli, pola-pola interaksi komunikatif yang terbentuk, makna yang menyertainya, dampak dari polapola interaksi tersebut terhadap efektifitas kegaiatan jual beli, dan penemuan tema-tema budaya yang secara implist terkandung dalam wacana interaksi. Subjek penelitian ini yakni penjual daging ayam, sapi, dan ikan segar, sedangkan pembeli yakni perempuan berusia dewasa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, model analisis yang digunakan peneliti adalah analisis etnografi Spradley. Metode pengumpulan data pada penelitian ini ada tiga tahap, yaitu pengamatan terlibat, wawancara mendalam, serta pemanfaatan dokumentasi. Anlisis data penelitian ini, menggunakan metode interpretatif dengan ix empat tahap, yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan temuan tema budaya.