Variabel - Variabel yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah dalam Mengambil Keputusan Memilih Kredit Konsumer pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Jember Alun-Alun
Abstract
Penelitian ini berdasar pada teori kepuasan, kualitas layanan dan teori harga. Dari
perkembangan pemberian kredit konsumer di PT Bank Mandiri cabang Jember
Alun Alun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel
keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, bukti pisik dan harga berpegaruh
secara simultan dan parsial terhadap kepuasan nasabah yang mengambil kredit
konsumer di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Jember Alun-Alun dan
untuk mengetahui variabel variabel apa yang paling dominan pengaruhnya
diantara variabel-variabel tersebut diatas terhadap kepuasan utama bagi nasabah
yang mengambil kredit konsumer di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang
Jember Alun-Alun.
Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling (accidental
sampling) kepada nasabah kredit konsumer di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
Cabang Jember Alun Alun sebanyak 120 responden.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Model
Analisis Regresi Linier Berganda, yaitu suatu alat analisis untuk mengetahui
pengaruh variabel variabel keandalan (XI), daya tanggap (X2), jaminan (X3),
empati (X4), bukti pisik (X5) dan harga (X6) terhadap kepuasan nasabah
pengambil kredit konsumer baik secara simultan maupun parsial.
Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel variabel tersebut diatas mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam memilih kredit
konsumer pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Jember Alun Alun (Y),
hal tersebut dibuktikan dalam perhitungan R Ajusted = 0,695 yang berarti 69,5 %
kepuasan nasabah dipengaruhi oleh variabel XI ,X2,X3,X4,X5 dan X6.
Hal tersebut juga didukung dari hasil uji signifikansi antara variabel bebas
X1,X2,X3,X4,X5 dan X6 terhadap variabel tergantung Y yang secara parsial
menunjukkan pengaruh yang kuat dan signifikan dimana pengaruh XI = 0366, X2
= 0,248, X3 = 0,228, X4 = 0,371, X5 = 0,394 dan X6 = 0,298.
Urutan pengaruh yang paling dominan adalah harga (X6) = 0,359 , empati (X4) =
0,294, bukti pisik (X5) = 0,274, Keandalan (XI) = 0,257, Keyakinan (X3) = 0,182
dan daya tanggap (X2) = 0,176.