Show simple item record

dc.contributor.authorHalimatus Sakdiyah
dc.date.accessioned2013-12-18T04:59:02Z
dc.date.available2013-12-18T04:59:02Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM092310101083
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9971
dc.description.abstractDalam keseluruhan proses pendidikan, kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok, ini berarti keberhasilan tujuan pembelajaran ditentukan oleh proses belajar mengajar selama pendidikan. Ada beberapa hambatan atau kekurangan dari metode demonstrasi atau praktikum yang selama ini diterapkan yaitu kurang adanya peran aktif dari mahasiswa, mahasiswa yang tidak memperhatikan saat dosen mempraktikkan prasat tindakan keperawatan misalnya dengan bermain Hp dan berbicara sendiri dengan teman yang lain, serta suasana ruangan yang panas dan gaduh karena jumlah mahasiswa yang lebih banyak, tidak efektifnya waktu karena waktu yang tersedia terbatas. Oleh Karena itu penulis bertujuan meneliti perbedaan penerapan pembelajaran yang berfokus pada mahasiswa yaitu Problem Based Learning (PBL) dan metode demonstrasi terhadap pencapaian kompetensi skill laboratorium. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi perbedaan penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dan metode demonstrasi terhadap pencapaian kompetensi skill laboratorium. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Eksperiment dengan rancangan Non Equivalent control Group Post Test Design. Populasi yaitu mahasiswa semester VI angkatan 2010 sebanyak 89 Mahasiswa, sampel yang diambil sebanyak 24 sampel kelompok eksperimen dan 24 sampel kelompok kontrol dengan teknik sampling Probability sampling yaitu Simple random sampling. Pengumpulan data dengan dilakukan intervensi pemberian materi yang sama, setelah itu dilakukan post test untuk mendapatkan nilai psikomotor untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. ix Hasil penelitian metode Problem Based Learning (PBL) kategori sangat baik > dari 50% yaitu sebanyak 62,5% (15 mahasiswa) dan sisanya pada kategori baik yaitu sebanyak 37,5% (9 mahasiswa). Metode demonstrasi kategori baik > dari 50% yaitu sebanyak 66,7% (16 mahasiswa) dan sisanya pada kategori cukup yaitu sebanyak 33,3% (8 mahasiswa). Analisa data yang telah dilakukan dengan menggunakan uji Chi-Square, dimana α = 0,01, diketahui bahwa terdapat 1 cells yang memiliki nilai ekspektasi kurang dari 5, dan nilai ekspektasi minimal adalah 3,00. Berdasarkan hasil data tersebut, maka p value dilihat dari tabel Fisher’s Exact Test bernilai 0,000. Berdasarkan nilai p pada uji Chi-Square menunjukkan bahwa Ho ditolak karena nilai p value (0,000) < α (0,01). Ho ditolak maka ada perbedaan penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dan metode demonstrasi terhadap pencapaian kompetensi skill laboratorium pada mahasiswa PSIK Universitas Jember. Hasil penelitian diatas menjelaskan bahwa metode PBL lebih meningkatkan kompetensi skill mahasiswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional (demonstrasi). Didukung oleh pendapat yang mengatakan lingkungan atau suasana kelas PBL memberikan kesempatan kepada mhasiswa untuk mengembangkan kemampuannya untuk menyesuaikan diri dan mengubah suatu metode atau cara ke dalam situasi baru yang cocok. Mahasiswa dalam lingkungan atau suasana kelas PBL secara khusus mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk belajar proses system reproduksi yang berkaitan dengan asuhan keperawatan pada kehamilan secara fisiologis. Metode Problem Based Learning (PBL) merupakan metode belajar yang yang berorientasi pada mahasiswa, dimana kerangka kerja konstruktif merubah kondisi belajar mahasiswa menjadi aktif, mahasiswa lebih percaya diri, mampu belajar secara sadar diri sehingga pencapaian kompetensi lebih baik dibanding secara tradisional (metode demonstrasi).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries092310101083;
dc.subjectpendidikanen_US
dc.titlePERBEDAAN PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI SKILL LABORATORIUM PADA MAHASISWA PSIK UNEJen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record