Show simple item record

dc.contributor.advisorIqbal, Muhammad
dc.contributor.advisorAlbayumi, Fuat
dc.contributor.authorNovitasari, Reni
dc.date.accessioned2020-05-28T02:49:30Z
dc.date.available2020-05-28T02:49:30Z
dc.date.issued2019-09-23
dc.identifier.nim130910101019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99085
dc.description.abstractIndonesia merupakan negara produsen kopi yang berada di peringkat ke empat dunia. Kopi yang dihasilkan di negara ini juga memiliki varietas terbanyak, dengan jumlah kurang lebih 100 jenis. Lingkungan geografis yang berada di garis khatulistiwa mendukung tumbuhnya kopi sekaligus ketinggian dataran yang ada, melahirkan kopi dengan cita rasa yang unik dari seluruh pelosok daerah di Indonesia. Budaya sekaligus tren mengkonsumsi kopi saat ini sedang populer dan masing-masing negara produsen kopi berlomba untuk memperebutkan minat konsumen demi meningkatkan ekspor sekaligus keuntungan negaranya. Pesaing utama Indonesia yakni Brazil, Vietnam dan Kolombia. Dalam sejarahnya, Indonesia pernah menduduki peringkat ke dua dunia sebagai negara produsen kopi di tahun 2013, namun di tahun selanjutnya menurun kembali berada di peringkat ke empat. Terdapat berbagai alasan atas keberhasilan dan turunya hasil produksi kopi di Indonesia tersebut. Dalam memperebutkan minat produsen di pasar internasional, pemerintah menyadari bahwa diperlukan sebuah kerangka strategi yang dapat mendukung naiknya volume dan nilai ekspor kopi hasil Indonesia, sekaligus membangun citra bahwa secara kualitas kopi asal negara kita ini unggul. Konsep internasionalisasi merupakan alat analisa yang tepat dalam menghasilkan strategi untuk mempromosikan kopi asal Indonesia. Dasar dari hal tersebut, salah satunya adalah, beberapa varietas kopi khas daerah seperti Aceh Gayo, Bali Kintamani, Java Ijen, Mandhailing, dan lainnya sudah dikenal oleh beberapa konsumen luar negeri, namun mereka tidak mengenal bahwa kopi favoritnya ini merupakan hasil dari tanah Indonesia. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh Indonesia dalam melakukan internasionalisasi kopi.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jemberen_US
dc.subjectKopien_US
dc.titleUpaya Indonesia Untuk Internasionalisasi Kopien_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiIlmu Hubungan Internasional
dc.identifier.kodeprodi0910101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record