Show simple item record

dc.contributor.authorDidik Ansori
dc.date.accessioned2013-12-18T03:26:56Z
dc.date.available2013-12-18T03:26:56Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM080910292008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9789
dc.description.abstractPelayanan merupakan kunci keberhasilan dalam berbagai usaha atau kegiatan yang bersifat jasa. Dalam kegiatan jasa, pelayanan mempunyai peran penting. Peran pelayanan akan lebih besar dan bersifat menentukan manakala dalam kegiatankegiatan jasa ditengah masyarakat terdapat kompetisi dalam usaha merebut pasar atau langganan. Kompetisi menimbulkan dampak dalam perusahaan yaitu mereka bersaing dalam pelaksanaan layanan melalui berbagai cara, teknik dan metode yang dapat menarik lebih banyak orang untuk menggunakan atau memakai jasa atau produk yang dihasilkan oleh perusahaan, salah satunya adalah bentuk layanan pada alat transportasi khususnya sepeda motor. UD. Sumber Jaya Maha Sakti Motor (UD. SJMS Motor) RogojampiBanyuwangi merupakan salah satu dealer dan jaringan resmi bengkel sepeda motor Honda atau AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) yang melayani servis sepeda motor dari semua type merek Honda serta penjualan suku cadang dan penjualan sepeda motor baru Honda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan layanan purna jual sepeda motor merek Honda pada UD. Sumber Jaya Maha Sakti Motor (UD. SJMS Motor) Rogojampi-Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan key informan internal sejumlah 4 (empat) orang yaitu direktur, manager marketing, kepala bengkel dan AHASS, dan auditor/accounting dan 5 (lima) key informan eksternal dari pelanggan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis domain dan analisis taksonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk layanan purna jual UD. Sumber Jaya Maha Sakti Motor (UD. SJMS Motor) Rogojampi-Banyuwangi meliputi bengkel resmi, komunikasi, pelayanan perbaikan dan perawatan kendaraan, ketersediaan suku cadang serta garansi. Layanan yang diberikan oleh dealer dalam meningkatkan kualitas layanan purna jual melalui kondisi bengkel yang bersih dan nyaman, ruang tunggu servis full AC dilengkapi home teatre dan ruang tunggu biasa dengan TV, dan pemberian garansi servis. Para pelanggan menyatakan bahwa bentuk layanan purna jual yang diberikan mampu memberikan berbagai hal yang dibutuhkan pelanggan terkait dengan produk-produk yang telah dibeli, sehingga harapan-harapan pelanggan mayoritas dapat terpenuhi. Kesimpulannya bahwa dengan layanan purna jual yang berkualitas akan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, hal ini akan menjadikan pelanggan sebagai salesman perusahaan dimana pelanggan diharapkan merekomendasikan kepada pihak lain mengenai UD Sumber Jaya Maha Sakti Motor (UD. SJMS Motor) RogojampiBanyuwangi. Selain itu layanan purna jual akan menjadikan pelanggan sebagai wahana kontrol kinerja perusahaan melalui berbagai pendapat yang diperoleh dari pelanggan itu sendiri dalam rangka meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080910292008;
dc.subjectlayanan purna jual, sepeda motoren_US
dc.titleLayanan Purna Jual Sepeda Motor Merek Honda Pada UD. Sumber Jaya Maha Sakti Motor (UD. SJMS Motor) Rogojampi-Banyuwangien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record