Show simple item record

dc.contributor.authorFitalestari Cahyasanti
dc.date.accessioned2013-12-18T02:44:06Z
dc.date.available2013-12-18T02:44:06Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM060210103043
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9702
dc.description.abstractPerencanaan, implementasi, dan evaluasi merupakan komponen yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain dalam suatu pembelajaran. Guru pemula yang memiliki keterbatasan pengalaman dibandingkan guru senior yang masa kerjanya lebih lama. Dalam mengatasi berbagai permasalahannya, maka guru pemula perlu melakukan wacana dalam menghadapi kekurangannya khususnya bagi mereka yang mengajar di sekolah swasta yang lebih banyak memiliki permasalahan. Sehingga, dibutuhkan kajian terkait permasalahan guru pemula dalam menyusun perencanaan, implementasi dan evaluasi pembelajaran, mengingat ketiganya merupakan substansi penting dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif yang menggali permasalahan yang dihadapi guru pemula dalam menyusun perencanaan, implementasi dan evaluasi pembelajaran biologi. Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah desain penelitian deskriptif eksploratif yang menggunakan metode survei untuk menggali data berupa kualitas silabus dan RPP, kualitas soal ujian yang dijaring menggunakan dokumentasi berupa sampel RPP, silabus, soal ujian, dan hasil belajar siswa, serta permasalahan yang dihadapi dalam penyusunan silabus dan RPP, implementasi dan evaluasi pembelajaran yang dijaring dengan menggunakan tehnik wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Permasalahan utama yang dihadapi guru pemula dalam menyusun perencanaan pembelajaran biologi yaitu; (1) 64% guru pemula kesulitan dalam menyesuaikan indikator dengan kondisi yang ada; (2) 52% kurang memadainya sarana dan media; (3) 40% guru pemula kesulitan dalam penggunaan kata kerja operasional yang mengacu pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada pengembangan indikator. Permasalahan utama yang dihadapi guru pemula dalam mengimplementasikan perencanaan pembelajaran biologi yaitu; (1) 68% guru kesulitan jika ingin memberikan variasi model dan media pembelajaran; (2) 64% guru kesulitan menghadapi anak yang memang memiliki kebiasaan ramai atau membuat masalah; (3) 60% siswa tidak dapat langsung merespon pertanyaan dari guru karena malu dan takut; (4) 60% ketidaksiapan siswa biasanya jadi penghambat, walaupun sudah ditugaskan untuk belajar di rumah. Permasalahan yang dihadapi guru pemula dalam penyusunan instrumen evaluasi dalam pembelajaran biologi yaitu; (1) 40% guru pemula merasa bahwa tuntutan yang dituangkan dalam kompetensi dasar sangat sulit dicapai sehingga soal hanya mengacu pada materi yang diajarkan, tanpa memperhatikan tujuan; (2) 24% guru pemula kesulitan menentukan sistematika tingkat kesulitan soal jika menggunakan lebih dari satu soal. Kegiatan pembelajaran membutuhkan perencanaan yang matang agar berjalan secara efektif. Rencana pelaksanaan pembelajaran harus dibuat agar kegiatan pembelajaran berjalan sistematis dan mencapai tujuan pembelajaran. Ketercapaian tujuan pembelajaran dapat diukur dengan instrumen evaluasi. Penyusunan soal ujian tidak lepas dari substansi yang ada pada perencanaan, yaitu indikator, tujuan dan materi pembelajaran. Validitas antara instrumen dengan indikator, tujuan dan materi pembelajaran inilah yang menjadi kunci keakuratan soal sebagai instrumen evaluasi pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210103043;
dc.subjectEvaluasi Pembelajaranen_US
dc.titleINVENTARISASI PERMASALAHAN GURU PEMULA DALAM PENYUSUNAN PERENCANAAN, IMPLEMENTASI, DAN EVALUASI PEMBELAJARAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SMP SWASTA DI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record