Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Jember
Abstract
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya. maka dapat ditarik beberapa kesimpulan dan uraian sebagai berikut
I. Variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap. jaminan, trillion secara bersama-sama simultan memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap tingkat kepuasan kepuasan mahasiswa Fakultas Jurusan Manajemen Universitas Jember sesuai hipotesis satu. Hal tersebut tampak dari hasil perhitungan analisis regresi berganda secara simultan dan berdasarkan hasil analisis knefisien determinasi berganda, diketahui bahwa hasil koefisien determinasi berganda adalah sebesar = 0,644. sehingga hepotesis pertama diterima.
2. Hasil perhitungan Uji t yaitu variabel bukti fisik sebesar 2,377; variabel kehandalan sebesar 2,202. viniabel daya tanggap sebesar 2,076; variabel jaminan sebesar 2,881; variabel empati sebesar 2,522. Dengan demikian maka variabel yang mempunyai pengaruh secara parsial yang mempunyai nilai paling besar terhadap kepuasan mahasiswa adalah variabel jaminan (X4). Sedangkan variabel yang mempunyai pengaruh paling kecil adalah variabel daya tanggap (X;), maka hipotesis kedua diterima