Show simple item record

dc.contributor.advisorSUMARDI
dc.contributor.advisorUMAMAH, Nurul
dc.contributor.authorJANNAH, Ninik Maftuchatul
dc.date.accessioned2019-10-02T09:02:31Z
dc.date.available2019-10-02T09:02:31Z
dc.date.issued2019-10-02
dc.identifier.nim150210302045
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93053
dc.description.abstractDalam kurikulum 2013 salah tujuan belajar sejarah adalah melatih kemampuan mental seperti berpikir kritis. Berdasarkan data berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMAN Jenggawah diketahui bahwa: (1) 87% kurang mampu untuk membuat klasifikasi dasar; (2) 89% kurang mampu untuk menyatakan strategi; (3) 89% kurang mampu untuk membuat dukungan dasar; (4) 81% kurang mampu untuk menyimpulkan; (5) 87% kurang mampu untuk membuat klasifikasi lanjut. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana hasil validasi ahli terhadap e-modul berbasis DD/CT untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kelas XI SMA dengan model ADDIE ?; dan (2)bagaimana pengembangan e-modul berbasis DD/CT untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kelas XI SMA dengan model ADDIE?. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan: (1) menghasilkan e-modul berbasis DD/CT yang tervalidasi ahli isi bidang studi, ahli bahasa, dan ahli desain pembelajaran; dan (2) menghasilkan emodul berbasis DD/CT yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pesera didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau reseach and development menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dariAnalyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik dokumentasi, observasi, angket, dan wawancara. Subjek penelitian melibatkan pendidik mata pelajaran sejarah dan 40 peserta didik kelas XI SMA Jenggawah. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi berturut-turut menunjukkan: (1) ahli isi bidang studi memperoleh nilai 78% masuk kriteria “baik”, (2) ahli bahasa memperoleh nilai 78% masuk kriteria “sangat baik”, dan (3) ahli desain memperoleh nilai 86% masuk kriteria “baik”. Hasil uji pengguna pendidik dan peserta didik mendapatkan nilai 93% dan 90% masuk kriteria “sangat baik”. Hasil uji coba berturut-turut menunjukkan: (1) uji coba kelompok kecil sebelum penggunaan e-modul berbasis DD/CT memperoleh nilai sebesar 47,1% berkategori “cukup kritis” dan setelah penggunaan memperoleh nilai sebesar 87,1% berkategori “sangat kritis”, sehingga terjadi peningkatan mencapai 40%; dan (2) uji coba lapangan sebelum penggunaan e-modul berbasis DD/CT memperoleh nilai 46% berkategori “kurang kritis” dan setelah penggunaan memperoleh nilai 87,4% berkategori “sangat kritis”, sehingga terjadipeningkatan mencapai 41,4% artinya peserta didik memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diambil kesimpulan: (1) e-modul berbasis DD/CT telah tervalidasi ahli dan layak digunakan sebagai sumber belajar sejarah kelas XI SMA dan (2) e-modul berbasis DD/CT berhasil meningkatkan berpikir kritis peserta didik. Pendidik diharapkan mampu menciptakan suasana belajar inovatif dan kondusif melalui penggunaan e-modul berbasis DD/CT, sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah diterapkan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectE-modulen_US
dc.subjectDD/CTen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir kritisen_US
dc.subjectModel ADDIEen_US
dc.titlePengembangan E-modul Berbasis DD/CT untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas XI SMA dengan Model ADDIEen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record