Show simple item record

dc.contributor.advisorLELLY, Sri Wahyu
dc.contributor.advisorSUROSO, Imam
dc.contributor.authorAL AYYUBI, Waridad Umais
dc.date.accessioned2019-08-22T05:35:31Z
dc.date.available2019-08-22T05:35:31Z
dc.date.issued2019-08-22
dc.identifier.nimNIM160820101009
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92086
dc.description.abstractPenelitian ini berjudul “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Berwirausaha melalui Efikasi Diri Mahasiswa Universitas Swasta di Jember”. Penelitian ini adalah bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha melalui efikasi diri mahasiswa universitas swasta di Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas swasta di Jember. Metode sampling yang digunakan dengan menggunakan teknik multistage sampling dengan jumlah responden sebanyak 120 orang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 variabel terdiri dari 2 variabel bebas yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan sosial, 1 variabel intervening yaitu efikasi diri, dan 1 variabel terikat yaitu minat berwirausaha. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan pengukuran variabel menggunakan Skala Likert. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara variabel bebas dan variabel terikat. Hasil penelitian pada mahasiswa universitas swasta di Jember menunjukkan bahwa secara langsung lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri mahasiswa, lingkungan sosial berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri mahasiswa, lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa, lingkungan sosial berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara tidak langsung lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa melalui efikasi diri dan lingkungan sosial berpengaruh secara tidak langsung terhadap minat berwirausaha mahasiswa melalui efikasi diri. Besarnya persentase proporsi pengaruh variabel lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap efikasi diri, dapat diketahui dari nilai Adjusted R Square (R2) menunjukkan sebesar 0,539 atau 53,9%, sedangkan besarnya persentase proporsi pengaruh variabel lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa, dapat diketahui dari nilai Adjusted R Square (R2) menunjukkan sebesar 0,367 atau 36,7% (Sumber: Lampiran 10) dan sisanya 63,3% dipengaruhi atau dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries160820101009;
dc.subjectPengaruh Lingkungan Keluargaen_US
dc.subjectLingkungan Keluargaen_US
dc.subjectLingkungan Sosialen_US
dc.subjectMinat Berwirausahaen_US
dc.subjectEfikasi Diri Mahasiswaen_US
dc.subjectEfikasi Dirien_US
dc.subjectMahasiswaen_US
dc.titlePengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Efikasi Diri Mahasiswa Universitas Swasta Di Jemberen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record