Show simple item record

dc.contributor.authorHariyadi, Slamet
dc.contributor.authorFikri, Kamalia
dc.contributor.authorFatahillah, Arif
dc.date.accessioned2019-08-14T06:50:33Z
dc.date.available2019-08-14T06:50:33Z
dc.date.issued2019-08-14
dc.identifier.isbn978-602-0951-11-9
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91766
dc.descriptionProsiding Seminar Nasional Biologi 2016en_US
dc.description.abstractPembclajaran menggunakan lingkungan sebagai objek belajar adalah solusi yang dapat mengarahkan siswa pada upaya mengaitkan pelajaran akademis dengan konteks kdudupan nyata. Sekolah juga dapat berfungsi menrransmisi dan mentransformasi kearifan lokal yang terwujud dalam bentuk kebudayaan menjadi sumber belajar. Masyarakar wilayah perkebunan Kalibaru berada di desa terisolir, sehingga akses mutu pendidikan, tingkat kesejahteraan, dan kesadaran akan manfaat pendidikan rendah. Hanya 20% siswa yang melanjutkan ke S)JIA dan 40% yang bekerja sebagai buruh di luar daerah, sisanya 55% menetap dan menjadi buruh perkebunan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pendidikan wilayah perkebunan melalui integrasi nilai -nilai kearifan lokal dalam pembelajaran, agar siswa mampu menembus akses pendidikan lanjut atau dapat bekerja dengan keterampilan yang memadai.Metode penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dan Snowball Sampling dirnana penentuan sampel menggunakan responden yang dianggap penduduk asli (key informant) yang mengetahui kearifan lokal mumi wilayah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal berupa budaya permainan tradisional (bentengan), perawatan pasca persalinan menggunakan herbal, budaya seni hadrah, zat aditif rnakanan, budaya sosial ater-ater, serra budaya kebersihan kebun, Tradisi ini merupakan tradisi turun temurun di wilayah perkebunan Kalibaru, yang diantaranya mempunyai nilai-nilai orisinalitas, kedermawanan, solidanras serta gotong royong yang tinggi antar sesama, Nilai-nilai ini diintcgrasikan kc dalam strategi pcmbelajaran yang diformat dalam bentuk bahan ajar. Cara 1111 efektif karena mernberikan bahan apersepsi intelekrual dan cmosional yang kukuh dan tidak bcrsifat verbal dengan alam sekitar karena mempunyai ikatan ernosional yang baik sehingga memungkinkan terjadinya pembelajaran secara totalitas. Jadi kualitas mutu pendidikan di wilayah perkebunan terisolir dapat meningkat dan sejajar dengan wilayah diluar perkebunan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectintegrasien_US
dc.subjectkearifan lokalen_US
dc.subjectperkebunanen_US
dc.subjectpembelajaran IPAen_US
dc.titleIntegrasi Nilai-nilai Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan di Sekolah-sekolah Wilayah Perkebunan Kopi Kalibaruen_US
dc.typeProsidingen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record