Show simple item record

dc.contributor.advisorAndianto, Mujiman Rus
dc.contributor.advisorWidjajanti, Anita
dc.contributor.authorAssidiqqi, Hasbi
dc.date.accessioned2018-07-06T08:57:43Z
dc.date.available2018-07-06T08:57:43Z
dc.date.issued2018-07-06
dc.identifier.nimNIM130210402060
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86229
dc.description.abstractIklan jual beli rumah pada spanduk jalanan di Kabupaten Jember mengandung makna, maksud, ideologi tersembunyi, dan kepentingan tertentu yang ingin disampaikan. Hal tersebut dapat diketahui dan dipahami dengan menggunakan teori Analisis Wacana Kritis (AWK) van Djik, yang meliputi tiga dimensi yaitu (1) teks meliputi topik, skema, dan semantik, sintaksis, stilistik, serta retoris, (2) kognisi sosial meliputi ideologi, pengetahuan, pendapat, dugaan, dan keperayaan, serta (3) konteks sosial sebagai keadaan yang terjadi di masyarakat dan melatarbelakangi munculnya teks. Berdasarkan hal tersebut, kajian dalam penelitian ini terdiri atas tiga rumusan masalah yaitu (1) bagaimanakah strategi semantik dalam wacana iklan jual beli rumah pada spanduk jalanan di Kabupaten Jember?, (2) bagaimanakah strategi retoris dalam wacana iklan jual beli rumah pada spanduk jalanan di Kabupaten Jember?, (3) bagaimanakah ideologi dalam wacana iklan jual beli rumah pada spanduk jalanan di Kabupaten Jember? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian kualitatif analisis wacana kritis. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata-kata, frase atau kalimat yang dalam iklan jual beli rumah pada spanduk jalanan di Kabupaten Jember. Sumber data dalam penelitian ini berupa spanduk di pinggir jalanan sekitar daerah Kabupaten Jember. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdiri atas tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wacana iklan jual rumah pada spanduk jalanan di Kabupaten Jember terdapat strategi semantik yang berupa elemen: latar, detil, dan maksud; strategi retoris; dan ideologi. Elemen latar yang ditemukan berupa latar peristiwa, perbedaan, kelebihan dan kesehatan. Latar yang ditemukan juga terdapat detail-detail tertentu yang berupa detail identitas, kondisional, imperatif dan deklaratif. Detail yang terdapat pada setiap iklan mengandung maksud tertentu yang ingin disampaikan kepada pembaca atau konsumen oleh penulis iklan. Maksud-maksud tersebut jelas untuk mempengaruhi pembaca agar membeli rumah yang diiklankan pada spanduk jalanan di Kabupaten Jember. Strategi retoris yang ada dalam wacana iklan jual beli rumah pada spanduk jalanan di Kabupaten Jember berupa leksikon perintah dan leksikon penekanan. Strategi retoris dipilih untuk mengetahui bagaimana penggunaan bahasa yang dipakai penulis untuk mempengaruhi pembaca atau konsumen. Leksikon perintah dan penekanan ditemukan pada beberapa data yang telah dikumpulkan dan dianalisis. Wacana iklan ini juga terdapat ideologi yang berupa ideologi pancasila, kapitalisme, dan sosialisme. Ideologi-ideologi ini menjadi pemikiran penulis iklan yang hendak disampaikan kepada pembaca atau konsumen. Saran dalam penelitian ini ditujukan untuk beberapa pihak. Pertama bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, disarankan untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai diskusi dalam menyelesaikan tugastugas mata kuliah Analisis Wacana Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kedua, bagi peneliti selanjutnya yang hendak melakukan penelitian sejenis, disarankan untuk mengembangkan kajian wacana iklan jual beli rumah pada spanduk jalanan di Kabupaten Jember menggunakan elemen-elemen wacana lain yang belum diteliti dalam penelitian ini. Elemen wacana tersebut terdiri dari elemen semantik pada aspek praanggapan dan nominalisasi, elemen sintaksis, elemen stilistik, elemen retoris pada aspek grafis, metafora, dan ekspresi. Ketiga, bagi guru Bahasa dan Sastra Indonesia, disarankan untuk mengembangkan hasil penelitian ini sebagai materi pada pembelajaran yang diterapkan pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VIII kurikulum 2013. Kompetensi Dasar (KD) yang harus dicapai terdapat pada 3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, poster, (yang membuat bangga dan motivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dan KD 4.4 Menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210402060;
dc.subjectIklan Jual Belien_US
dc.subjectSpanduk Jalananen_US
dc.titleWacana Iklan Jual Beli Rumah Pada Spanduk Jalanan Di Kabupaten Jember: Analisis Wacana Kritisen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record