PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA TEMA HARGA DIRI DI SDN PLALANGAN 02 JEMBER

DSpace/Manakin Repository

Show simple item record

dc.contributor.author Rahayu, Rahayu
dc.contributor.author Santoso, Tri Hadi
dc.date.accessioned 2018-05-11T01:57:09Z
dc.date.available 2018-05-11T01:57:09Z
dc.date.issued 2018-05-11
dc.identifier.issn 2085-7519
dc.identifier.uri http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85721
dc.description Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Vol 6 No. 1 hal 99-108, Januari 2018 en_US
dc.description.abstract Salah satu faktor yang mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa adalah pemilihan model pembelajaran yang menarik perhatian siswa, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, diketahui bahwa dalam pembelajaran PKn pada kelas III SDN Plalangan 02 Jember, model, strategi, dan metode pembelajaran yang digunakan masih belum optimal. Perlu adanya variasi dalam menerapkan model pembelajaran agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Berkaitan dengan masalah yang timbul tersebut, permasalahan akan diatasi dengan menerapkan model pembelajaran yang diharapkan mampu membuat siswa menjadi aktif, kreatif, dan antusias, sehingga diharapkan pembelajaran menjadi bermakna dan berdampak pada hasil belajar siswa yang memuaskan. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada tema harga diri di SDN Plalangan 02 Jember semester II tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pencapaian skor aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal. Pencapaian skor aktivitas belajar siswa prasiklus sebesar 45,31 (cukup aktif) meningkat menjadi 65,80 (aktif) pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 79,34 (sangat aktif) pada siklus II. Pencapaian skor hasil belajar siswa prasiklus sebesar 45,83 (kurang baik) meningkat menjadi 67,42 (cukup baik) pada siklus I dan meningkat menjadi 79,42 (baik) pada siklus II. berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match en_US
dc.subject Aktivitas Belajar Siswa en_US
dc.subject Hasil Belajar Siswa en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA TEMA HARGA DIRI DI SDN PLALANGAN 02 JEMBER en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Pencarian


Browse

My Account