Show simple item record

dc.contributor.authorAiliana Trisna Reh Utami
dc.date.accessioned2013-12-12T06:09:59Z
dc.date.available2013-12-12T06:09:59Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8538
dc.description.abstractInteraksi Jual-beli pakaian di pasar Rogojampi sangatlah beragam, hal ini dikarenakan letak dari pasar Rogojampi yang sangat strategis dan memungkinkan banyaknya peristiwa tutur yang menarik untuk dijadikan sebuah bahan penelitian wacana. Wacana dibagi menjadi dua bentuk yakni wacana tulis dan wacana lisan. Interaksi jual-beli pakaian di pasar Rogojampi merupakan bentuk wacana lisan. Untuk mendapatkan pemahaman wacana, dapat dilakukan melalui analisis kohesi dan koherensi, konteks wacana, struktur wacana dan kesantunan berbahasa. Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan kohesi dan koherensi, konteks wacana, struktur wacana dan kesantunan berbahasa yang ada dalam wacana bahasa Indonesia dalam interaksi jual-beli pakaian di pasar rogojampi. Jenis penelitian yang digunakan adalah etnografi berbahasa, sedangkan rancangannya adalah kualitatif. Metode pengumpulan data yakni metode observasi serta metode rekam catat. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa tabel pemandu pengumpul data dan tabel pemandu analisis data. Hasil dan pembahasan penelitian ini ialah: wacana bahasa indonesia dalam interaksi jual-beli di pasar Rogojampi penanda kohesi yang paling dominan yakni penanda kohesi gramatikal dalam bentuk penggunaan kata-kata yang menunjukkan wacana ini kohesif. Sedangkan koherensi yang paling dominan yakni menggunakan penanda hubungan sebabakibat yang berfungsi untuk menarik minat pembeli maupun untuk menolak tawaran harga dari pembeli. Konteks dalam wacana bahasa Indonesia dalam interaksi jual-beli pakaian di pasar Rogojampi meliputi; keadaan psikologis penjual dan pembeli dalam keadaan baik ketika penjual melayani pembeli dengan ramah dan pembeli menawar tidak terlalu rendah, budaya yang meliputi budaya tawar-menawar dan posmodern yang berkaitan dengan gaya hidup yang cenderung mementingkan tampilan daripada moralitas, ekonomi berkiatan dengan aspek kehematan dan keadaan musim/ trend mode berkaitan dengan pakaian yang menjadi trend pada saat itu. struktur wacana bahasa Indonesia dalam interaksi jual beli pakaian di pasar Rogojampi meliputi bagian pembuka yang berisi percakapan seputar model dan warna baju, bagian tawar-menawar yang berisi percakapan untuk mencari kesepakatan harga, bagian transaksi yang berisi kesepakatan harga dan kesepakatan terjadinya jual-beli, bagian penutup berisi ucapan terima kasih, namun terkadang penutup tidak muncul ketika penjual dan pembeli dalam keadaan kesal. Kesantunan berbahasa wacana bahasa Indonesia dalam interaksi jual-beli pakaian di pasar Rogojampi menunjukkan bahwa kesantunan dalam menanyakan sesuatu menunjukkan adanya penerapan maksim simpati dalam bentuk penggunaan bahasa yang santun; kesantunan dalam menawar menunjukkan adannya penerapan maksim kedermawanan dalam bentuk pengurangan harga saat terjadinya tawar-menawar; kesantunan dalam menolak menunjukkan adanya penerapan maksim kearifan dalam dalam bentuk saran penjual kepada pembeli untuk memilih pakaian dengan ukuran yang lebih kecil untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Kesimpulan dari penelitian ini ialah bahwa wacana bahasa Indonesia dalam interkasi jual-beli pakaian di pasar Rogojampi merupakan suatu wacana yang utuh dengan satu kesatuan makna dengan adanya penanda kohesi dan koherensi, konteks yang berkaitan, struktur wacana dan dengan penggunaan maksim-maksim kesantunan berbahasa. Saran dari penelitian ini ialah hendaknya bermanfaat untuk memahami sebuah wacana dengan baik dan bagi peneliti selanjutnya hendaknya dalam merekam data peneliti harus lebih cekatan dalam menggunakan alat perekam agar tidak terjadi banyak kesalahan seperti penelitian sebelumnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseriesAiliana Trisna Reh Utami;
dc.subjectWacana Bahasa Indonesia, Interaksi Jual-Beli Pakaianen_US
dc.titleWACANA BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI JUAL-BELI PAKAIAN DI PASAR ROGOJAMPIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record