Show simple item record

dc.contributor.advisorSUJANARKO, Bambang
dc.contributor.advisorHADI, Widyono
dc.contributor.authorKURNIAWAN, Fajar
dc.date.accessioned2018-02-09T02:49:05Z
dc.date.available2018-02-09T02:49:05Z
dc.date.issued2018-02-09
dc.identifier.nimNIM121910201025
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84226
dc.description.abstractKendaraan berbahan bakar minyak ( Mobil ) pada masa sekarang seakan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat luas. Peranan mobil sendiri sangat signifikan untuk semua kalangan, dari dipakai untuk mata pencaharian hingga hanya untuk materi kekayaan. Tetapi tanpa disadari, semakin banyaknya permintaan produksi mobil justru semakin membahayakan kelangsungan hidup manusia. Poin pokok dari ancaman tersebut adalah semakin tercemarnya polusi udara di planet bumi. Oleh sebab itu, banyak dilakukan riset tentang mobil listrik untuk pengembangkan modern di negara-negara maju. Dalam upaya pengembangannya tim mobil listrik Universitas Jember masih memiliki masalah pada proses pengendalian dan pengukuran arus maupun tegangan yang dikonsumsi oleh mobil listrik.Pada sistem pengendalian dan pengukuran Arus maupun Tegangan. Biasanya pengendalian dan pengukuran arus maupun tegangan ini masih dilakukan secara manual dan harus berhubungan langsung dengan obyek. Hal ini megakibatkan proses pengendalian mobil listrik menjadi lebih lama dan dianggap kurang efisien. Sehingga diperlukan adanya sebuah sistem yang dibuat untuk dapat mengendalikan.Dengan adanya sistem monitoring dan pengendalian data hasil pengukuran arus maupun tegangan dapat dilakukan secara real time dengan komputer. Penelitian ini dilakukan beberapa pengujian yaitu pengujian sensor tegangan , sensor arus, sensor kecepatan, pengujian dinamis dengan mode control dan mode driver.pengujian dengan mode control terdapat empat kondisi jalan yaitu jalan lurus, jalan belok, jalan turun, dan jalan tanjakan dalam empat pengujian ini nilai arus yang besar di dapat pada jalan tanjakan sebesar 7,93.pada mode control pengontrol kecepatan berjalan dengan baik pada kondisi jalan lurus nilai refrensi kecepatan 250 dengan pengujian di dapat rata-rata nilai kecepatan 238,3213,pada kondisi jalan belok dengan kecepatan refrensi 250 di dapat nilai kecepatan rata- rata 245,79,pada saat kondisi jalan turun di dapat nilai kecepatan sebesar 206,55 pada kondisi tanjakan ketika di kasih nilai kecepatan refrensi sebesar 100 di dapatkan nilai kecepatan rata- rata sebesar 99,63. sistem ini .dalam pengujian sensor arus, sensor tegangan,dan sensor rpm dengan membandingan nilai hasil dari alat ukur dan sensor terdapat error persen yang rendah sehingga sensor tersebut bisa di katakan memiliki keakuratan yang tinggi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries121910201025;
dc.subjectMONITORINGen_US
dc.subjectKONTROL MOBIL LISTRIKen_US
dc.subjectBERPENGGERAK MOTOR BLDC BERBASISen_US
dc.subjectRADIO FREKUENSIen_US
dc.titleSISTEM MONITORING DAN KONTROL MOBIL LISTRIK UNIVERSITAS JEMBER BERPENGGERAK MOTOR BLDC BERBASIS RADIO FREKUENSIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record