Show simple item record

dc.contributor.advisorLEMONO, Albertus Djoko
dc.contributor.advisorHARJIANTO, Alex
dc.contributor.authorRINI, Alfadilah Cipta
dc.date.accessioned2017-10-23T09:43:35Z
dc.date.available2017-10-23T09:43:35Z
dc.date.issued2017-10-23
dc.identifier.nimNIM130210102034
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82507
dc.description.abstractFisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang materi dan energi serta lahir dan berkembang melalui langkah-langkah observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan serta penemuan konsep dan teori. Untuk menunjang keberhasilan pembelajaran fisika diperlukan perangkat pembelajaran yang mendukung, salah satunya adalah media pembelajaran. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (materi pembelajaran, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan siswa, sehingga dapat mendorong proses pembelajaran). Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran fisika kelas X KIA di SMK Negeri 5 Jember, didapatkan informasi bahwa siswa tidak menyukai terhadap pelajaran fisika. Hal ini dikarenakan guru jarang menggunakan media pembelajaran di kelas yang pada akhirnya menyebabkan siswa kurang tertarik terhadap pembelajaran fisika, siswa merasa bosan di kelas. Selain itu guru juga masih sering menggunakan satu macam metode saja. Hal ini dikarenakan penggunaan media pembelajaran di kelas, guru membutuhkan persiapan waktu dan biaya yang banyak. Dengan kata lain pembelajaran masih sering terpusat pada guru sehingga kondisi kelas menjadi tidak kondusif dan siswa kurang mengeksplorasi kemampuan komunikasi di kelas. Berdasarkan uraian di atas, maka dibutuhkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan suatu media pembelajaran kartu UNO. Sehingga tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dirancang untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develope, Implementation, Evaluation). Instrumen perolehan data yang digunakan yaitu terdiri dari lembar validasi media, lembar penilaian aktivitas siswa berupa lembar observasi, lembar pre-test dan post-test, lembar keterlaksanaan berupa lembar observasi, dan lembar angket respon siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi, observasi, tes, dan angket. Data yang didapat adalah validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan, media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 81,33%, efektif dari segi N- gain diperoleh skor 0,75% untuk kelas X KIA 1 dan 0,79 % untuk kelas X KIA 2 dengan kategori tinggi, sedangkan dari segi aktivitas belajar siswa diperoleh skor sebesar 87,71 % untuk kelas X KIA 1 dan 87,87 % untuk kelas X KIA 2 dengan kategori sangat aktif, praktis dari segi keterlaksanaan sebesar 93,33% untuk kelas X KIA 1 dan 93,33 % untuk kelas X KIA 2 dengan kategori tinggi. Sedangkan dari segi respon siswa diperoleh skor sebesar 93,74,71 % untuk kelas X KIA 1 dan 90,12 % untuk kelas X KIA 2 memiliki kriteria respon siswa sangat positif. Berdasarkan hasil dan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) Validitas media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK dikategorikan valid 2) Keefektifan media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK memiliki kriteria tinggi, 3) Media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK memiliki kriteria kepraktisan tinggi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210102034;
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARAN FISIKAen_US
dc.subjectBERBASIS UNO SMART CARDen_US
dc.subjectPOKOK BAHASAN TERMODINAMIKA DI SMKen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS UNO SMART CARD PADA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA DI SMKen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record