Show simple item record

dc.contributor.advisorWAHYUNI, Sri
dc.contributor.advisorBACHTIAR, Rayendra Wahyu
dc.contributor.authorULANDARI, Fitria Sulvi
dc.date.accessioned2017-10-19T02:08:12Z
dc.date.available2017-10-19T02:08:12Z
dc.date.issued2017-10-19
dc.identifier.nimNIM130210102049
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82244
dc.description.abstractModul berbasis saintifik untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi gerak harmonis memperoleh hasil validasi ahli sebesar 88,19 % dengan tingkat validitas sangat valid dan hasil uji validasi ahli menyatakan bahwa modul berbasis saintifik bisa digunakan dengan sedikit revisi supaya modul berbasis saintifik lebih sempurna. Selanjutnya pada validasi pengguna memperoleh hasil sebesar 100 % dengan tingkat validitas sangat valid dan validator pengguna menyatakan bahwa modul sesuai dengan yang diharapkan. Uji coba lapangan dilakukan di kelas X MIA 5 SMAN Balung dengan 3 kali pertemuan. Jumlah siswa yang digunakan dalam penelitian adalah 36 siswa. Dalam uji coba lapangan ini diperoleh 2 data yaitu data hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa untuk menunjukkan keefektifan modul berbasis saintifik dan data hasil angket respon siswa untuk menunjukkan kepraktisan modul berbasis saintifik. Data hasil tes kemampuan berpikir kritis diperoleh melalui pretest dan posttest saat sebelum dan sesudah menggunakan modul berbasis saintifik. Nilai rata-rata pretest dan posttest yang dihasilkan yaitu 19,97 dan 62,47 dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,53 yang menunjukkan kategori sedang. Demikian pula dengan data hasil angket respon yang memperoleh persentase sebesar 88,68 % yang menunjukkan bahwa modul berbasis saintifik sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa 1) modul berbasis saintifik untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi gerak harmonis telah valid berdasarkan hasil validasi ahli dan validasi pengguna yaitu dengan tingkat validitas sangat valid, 2) hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh skor N-Gain sebesar 0,53 dengan kategori sedang dan dapat dikatakan bahwa modul berbasis saintifik tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam ranah kognitif, begitu juga dengan hasil belajar afektif (sikap sosial dan spiritual) dan hasil belajar psikomotor (keterampilan dalam percobaan) juga mengalami peningkatan selama 3 kali pertemuan, sehingga modul berbasis saintifik dapat dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran, 3) modul berbasis saintifik mendapatkan respon positif dari siswa dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran berdasarkan persentase angket respon yang diberikan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210102049;
dc.subjectMODUL BERBASIS SAINTIFIKen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERPIKIR KRITISen_US
dc.subjectMATERI GERAK HARMONISen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GERAK HARMONIS DI SMAN BALUNGen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record