Show simple item record

dc.contributor.advisorPrihandono, Trapsilo
dc.contributor.advisorSupriadI, Bambang
dc.contributor.authorRizkiyah, Musa’adatul
dc.date.accessioned2017-08-04T07:40:02Z
dc.date.available2017-08-04T07:40:02Z
dc.date.issued2017-08-04
dc.identifier.nim120210102018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80848
dc.description.abstractFisika merupakan ilmu pengetahuan sains yang berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, berupa penemuan, penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep, atau prinsip, serta proses pengembangan lebih lanjut dalam menerapkan pengetahuan di dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran fisika merupakan salah satu ilmu sains yang diberikan pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuan Pembelajaran Fisika di SMA adalah untuk mengembangkan kemampuan berfikir dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam di sekitar, mampu menguasai pengetahuan, dan sikap percaya diri. Kenyataan dilapang menunjukan bahwa fisika merupakan salah satu pelajaran di sekolah yang memiliki prestasi hasil belajar yang rendah dibandingkan pelajaran sains lainya seperti biologi dan kimia. Serta pembelajaran fisika di sekolah masih cenderung dilaksanakan dengan menggunakan metode konvensional (ceramah) yang kurang mengaktifkan siswa selama proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran Think Pair Share disertai Metode Guided Note Taking(GNT) terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMA Negeri Rambipuji. (2) mengkaji pengaruh model pembelajaran Think Pair Share disertai metode Guided Note Taking(GNT) terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri Rambipuji. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri Rambipuji, penentuan tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposuve sampling area. Penentuan sampel siswa menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. desain penelitian ini adalah post-test-only control design. Nilai aktivitas belajar fisika siswa diperoleh dari observasi dan nilai hasil belajar kognitif fisika siswa diperoleh dari post-test. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS 22. Data aktivitas belajar fisika siswa diperoleh melalui observasi pada siswa kelas eksperimen dan kontrol dengan masing masing kelas memiliki 5 indikator yang berbeda. Analisis aktivitas belajar fisika siswa menunjukan skor rata-rata aktivitas belasjar fisika siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil analisis data menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikansi 0,014 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Think Pair Share disertai metode Guided Note Taking(GNT) berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMA Negeri Rambipuji. Hasil analisis hasil belajar kognitif fisika siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar kognitif kelas ekeperimen lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol, dan diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Think Pair Share disertai metode Guided Note Taking(GNT) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri Rambipuji. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) model pembelajaran Think Pair Share disertai Metode Guided Note Taking(GNT) berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMA Negeri Rambipuji, (2) model pembelajaran Think Pair Share disertai metode Guided Note Taking(GNT) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri Rambipuji.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Pembelajaran Think Pair Share (TPS)en_US
dc.subjectMetode Guided Note Taking (GNT)en_US
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.subjectFisikaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR- SHARE (TPS) DISERTAI METODE GUIDED NOTE TAKING (GNT) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN GERAK LURUS DI SMA NEGERI RAMBIPUJIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record