Show simple item record

dc.contributor.advisorHariyadi, Slamet
dc.contributor.advisorSuratno
dc.contributor.authorMujiati
dc.date.accessioned2016-06-13T04:18:38Z
dc.date.available2016-06-13T04:18:38Z
dc.date.issued2016-06-13
dc.identifier.nim990210103151
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74742
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa selama pembelajaran kooperatif tipe STAD; (2). Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Responden penelitian adalah siswa kelas 2A SMPN 2 Rambipuji. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu pada tes pendahuluan ketuntasan klasikal sebesar 36,58%, dan tes I mencapai 73,11%, tes II sebesar 85,36%, dan tes Ill mencapai 90,24%. Selain itu juga dapat meningkatkan aktivitas siswa yaitu pada siklus I sebesar 60,36%, siklus II sebesar 71,54%, dan siklus III sebesar 82,32%, sehingga dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran biologi kelas 2 semester 2 khususnya pada konsep sistem saraf.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPembelajaran kooperatif tipe STADen_US
dc.subjectaktivitas siswaen_US
dc.subjectprestasi belajar siswaen_US
dc.subjectsistem sarafen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA KONSEP SISTEM SARAF KELAS 2 SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2003-2004 DI SMP NEGERI 2 RAMBIPUJI JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record