Show simple item record

dc.contributor.advisorTitik Sugiarti
dc.contributor.advisorSusanto
dc.contributor.authorAnik Suryani
dc.contributor.authorTitik Sugiarti
dc.contributor.authorSusanto
dc.date.accessioned2016-05-30T03:34:58Z
dc.date.available2016-05-30T03:34:58Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74258
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Lengkong 04 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada materi penjumlahan dan pengurangan uang melalui model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction). Hal ini dikarenakan di SDN Lengkong 04 Jember terdapat permasalahan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, hal ini dikarenakan kurang bervariasinya metode pembelajaran dari guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 38 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode ARIAS ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus 1 terdiri atas dua pertemuan dan siklus 2 terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas III SDN Lengkong 04 Jember mengalami peningkatan. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 71, pada siklus II, peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 82. Peningkatan rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 11. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapaan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Lengkong 04 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmodel pembelajaran ARIAS, hasil belajar, penjumlahan dan pengurangan uangen_US
dc.titleMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION) SISWA KELAS III SDN LENGKONG 04 JEMBERen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record