Show simple item record

dc.contributor.advisorSutjahjono, Hary
dc.contributor.advisorArbiantara, Hari
dc.contributor.authorMahardika, Fitria
dc.date.accessioned2016-01-28T04:38:45Z
dc.date.available2016-01-28T04:38:45Z
dc.date.issued2016-01-28
dc.identifier.nim111910101064
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72739
dc.description.abstractPemakaian bahan bakar fosil saat ini masih menjadi prioritas untuk segala kebutuhan manusia. Namun seiring dengan tingginya permintaan bahan bakar fosil, jumlah ketersediaannya semakin berkurang. Hal tersebut dapat diatasi dengan penggunaan bahan bakar alternatif. Dan methanol merupakan kandidat terbaik sebagai bahan bakar campuran premium. Dengan menambahkan methanol pada premium diketahui dapat menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna. Penelitian ini menggunakan variasi methanol sebesar 5%, 10%, dan 15% untuk campuran premium. Bahan bakar campuran akan diaplikasikan pada kendaraan uji berupa motor Honda Revo 110 yang akan diuji menggunakan dynotest dan gas analyzer. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu dengan penambahan methanol dapat meningkatkan daya mesin, konsumsi bahan bakar akan menurun, dan juga gas buang yang dihasilkan akan semakin membaik. Pada unjuk kerja motor, torsi rata-rata maksimal mencapai 9,65 Nm pada 3000 rpm menggunakan M00. Daya rata-rata maksimal mencapai 6,399 kW pada putaran 7500 rpm menggunakan M15. SFCe terendah terdapat pada M10 yaitu 2,1597 kg/kW.jam. Pada parameter emisi gas buang, CO dan CO2 dengan hasil terbaik terdapat pada M15. O2 dan HC terendah juga diperoleh pada M15.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectEMISI GAS BUANGen_US
dc.titleUNJUK KERJA DAN EMISI GAS BUANG PADA KENDARAAN BERMOTOR 4 TAK BERBAHAN BAKAR CAMPURAN METHANOL – PREMIUM (M05, M10, DAN M15)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record