Show simple item record

dc.contributor.advisorRirianty, Mury
dc.contributor.advisorNafikadini, Iken
dc.contributor.authorl Latif, Abdu
dc.date.accessioned2016-01-28T04:20:10Z
dc.date.available2016-01-28T04:20:10Z
dc.date.issued2016-01-28
dc.identifier.nim102110101001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72721
dc.description.abstractRokok tidak secara langsung menjadi penyebab kematian seseorang, namun zat-zat yang terkandung dalam rokok terbukti menjadi penyebab utama berbagai penyakit kronis. Kebijakan pemerintah yang mengharuskan adanya gambar seram pada bungkus rokok berdampak bagi perusahaan yakni omzet penjualan produk rokok turun 10 persen. Industri rokok gencar menyerbu dengan berbagai iklan dan mensponsori kegiatan seperti musik, olahraga yang diadakan oleh mahasiswa bahkan menyediakan beasiswa. Remaja merupakan salah satu sasaran yang dituju oleh industri rokok. Mahasiswa bisa disebut sebagai remaja yang termasuk dalam kategori umur 15-24 tahun. Mahasiswa selaku pemuda adalah calon pemimpin masa depan. Artinya, baik buruknya masa depan bangsa di masa datang ditentukan oleh pemuda masa kini. Mahasiswa yang akrab dengan sebutan agent of change ternyata masih banyak yang melakukan kebiasaan yang tanpa disadari merupakan gejala sosial yang dapat memicu ke arah terbentuknya masalah sosial. Ada banyak alasan yang melatarbelakangi perilaku merokok pada remaja. Secara umum, bahwa perilaku merokok merupakan fungsi dari lingkungan dan individu. Artinya, perilaku merokok selain disebabkan faktorfaktor dari dalam diri, juga disebabkan faktor lingkungan. Faktor dari dalam remaja dapat dilihat dari kajian perkembangan remaja. Perilaku merokok pada mahasiswa bisa disebabkan oleh adanya perbedaan persepsi. Persepsi adalah kemampuan individu untuk membeda-bedakan, mengelompokkan, memfokuskan atau kemampuan untuk mengorganisasikan pengamatan. Persepsi pada setiap individu berbeda-beda sesuai dengan harapan, pengalaman, serta motivasi pada diri individu itu sendiri. Oleh karena iu, faktor persepsi inilah yang menyebabkan adanya perbedaan cara pandang mahasiswa tentang dampak merokok terhadap kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sehingga metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Dalam penelitian ini populasi penelitiannya adalah semua mahasiswa yang terdaftar aktif di Universitas Jember. Pengambilan subjek penelitian dilaksanakan berdasarkan populasi dan sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang ditetapkan oleh peneliti. Dalam penentuan sampel, peneliti menggunakan cluster random sampling (proportional sample) dengan sampel sebanyak 94 responden. Variabel penelitian dalam penelitian ini adalah usia, jenis kelamin, status pendidikan, jumlah rokok yang dikonsumsi per hari, pengetahuan tentang rokok dan bahayanya, dan perhatian terhadap media promosi kesehatan berupa gambar di kemasan rokok serta sikap terhadap media promosi kesehatan bergambar di kemasan rokok. Hasil dalam penelitian ini bahwa pengetahuan dan perhatian memiliki nilai yang sedang, sedangkan sikap responden memiliki sikap negatif. Media promosi kesehatan bergambar dikemasan rokok dibahas berdasarkan teori AIDDA dan teori perubahan perilaku menurut WHO. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini bagi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia diharapkan dapat mencamtumkan hotline atau saluran telepon yang dapat memberikan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan konseling khusus tentang informasi yang berkaitan dengan media promosi kesehatan bergambar pada kemasan rokok. Bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dapat melakukan kerjasama lintas sektoral terkait penelitian dalam upaya menangani permasalahan rokok di kalangan masyarakat. Kerjasama lintas sektoral bisa dengan pihak Universitas Jember sebagai lembaga tinggi di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Sedangkan untuk penelitian selanjutnya, guna memperkaya kajian terkait masalah rokok dan pengaruh media di kemasan rokok secara mendalam. Penelitian dapat dilakukan secara kualitatif mengenai gambaran self esteem (harga diri) perokok di kalangan mahasiswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMEDIA PROMOSI KESEHATANen_US
dc.titleGAMBARAN PENGETAHUAN, PERHATIAN, DAN SIKAP MAHASISWA TERHADAP MEDIA PROMOSI KESEHATAN BERUPA GAMBAR DI KEMASAN ROKOK PADA PEROKOK AKTIF (STUDI KUANTITATIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS JEMBER)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record