Show simple item record

dc.contributor.advisorSuhartiningsih
dc.contributor.advisorSatrijono, Hari
dc.contributor.authorSusanti, Novailah Rina
dc.date.accessioned2016-01-08T05:16:48Z
dc.date.available2016-01-08T05:16:48Z
dc.date.issued2016-01-08
dc.identifier.nim110210204113
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/70778
dc.description.abstractPembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar diarahkan agar siswa terampil berkomunikasi baik secara lisan maupun tulis. Rendahnya kemampuan menulis karangan narasi siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia menyebabkan perlu adanya suatu alternatif cara untuk meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan teknik ADIKSIMBA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan kontekstual berbantuan teknik ADIKSIMBA yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris pada siswa kelas VA SDN 1 Kalibaru Kulon dan bagaimanakah kemampuan siswa kelas VA SDN 1 Kalibaru Kulon dalam menulis karangan narasi ekspositoris setelah diterapkan pendekatan kontekstual berbantuan teknik ADIKSIMBA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VA SDN 1 Kalibaru Kulon dalam menulis karangan narasi ekspositoris jika diterapkan pendekatan kontekstual berbantuan teknik ADIKSIMBA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Desain penelitian yang digunakan adalah skema penelitian Hopkins yang menggunakan beberapa siklus terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN 1 Kalibaru Kulon sebanyak 29 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Penerapan pendekatan kontekstual berbantuan teknik ADIKSIMBA yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris pada siswa kelas VA SDN 1 Kalibaru Kulon dilakukan melalui : a) memotivasi siswa dengan menceritakan sebuah cerita tentang pengalaman (pemodelan), b) memberi kesempatan siswa untuk menggali informasi dengan cara bertanya (bertanya), c) meminta siswa untuk dapat menyebutkan kerangka karangan berdasarkan cerita yang disampaikan guru dengan bantuan teknik ADIKSIMBA (kontruktivisme), d) meminta setiap siswa membuat kerangka karangan narasi berdasarkan pengalaman dengan bantuan teknik ADIKSIMBA (menemukan), e) memonitor siswa dalam kegiatan diskusi untuk membuat kerangka karangan (masyarakat belajar), f) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan (refleksi), dan g) mengevaluasi hasil kerja siswa melalui lembar kerja individu membuat karangan narasi ekspositoris (penilaian autentik). Kemampuan menulis siswa kelas VA SDN 1 Kalibaru Kulon setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Teknik ADIKSIMBA dapat diketahui dari perbandingan skor kemampuan menulis prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus sebanyak 3 siswa (10,34%) tergolong sangat baik, 14 siswa (48,27%) tergolong baik, dan 12 siswa (41,37%) tergolong sedang/cukup. Setelah diterapkan tindakan siklus I, Sebanyak 9 siswa (31,03%) tergolong sangat baik, 12 siswa (41,37%) tergolong baik, 5 siswa (17,24%) tergolong sedang/cukup dan 3 siswa (10,34%) tergolong kurang. Hasil tes belajar keterampilan menulis setelah dilakukan siklus II, sebanyak 19 siswa (65,51%) tergolong sangat baik, 7 siswa (24,13%) tergolong baik, 3 siswa (10,34%) tergolong sedang/cukup. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya guru menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan teknik ADIKSIMBA sebagai alternatif cara untuk memperbaiki strategi mengajar yang selama ini digunakan selain itu agar dapat membangkitkan motivasi dan kreativitas siswa sehingga kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa dapat meningkat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPenerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Teknik Adiksimbaen_US
dc.subjectKemampuan Menulis Karangan Narasi Ekspositorisen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN TEKNIK ADIKSIMBA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI EKSPOSITORIS KELAS VA SDN 1 KALIBARU KULON BANYUWANGIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record