Show simple item record

dc.contributor.authorRatih Noor Kusuma Dewi
dc.date.accessioned2013-12-09T04:21:19Z
dc.date.available2013-12-09T04:21:19Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210204251
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6654
dc.description.abstractTujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimanakah aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan mastery learning pada siswa kelas III semester ganjil SD Negeri Kanigaran 1 Probolinggo tahun pelajaran 20010/2011. (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa dengan penerapan pembelajaran mastery learning pada kelas III semester ganjil SD Negeri Kanigaran 1 Probolinggo tahun pelajaran 20010/2011. ix Pengambilan data dilaksanakan di SD Negeri Kanigaran 1 Probolinggo mulai tanggal 4 Oktober sampai 22 Oktober 2010. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas III. Jumlah siswa 30 orang, terdiri dari 12 lakilaki dan 18 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, observasi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Pada pra siklus , rata-rata hasil belajar siswa 64% dengan presentase ketuntasan belajar 47%, pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa 74 dengan presentase ketuntasan belajar siswa mencapai 73% dan pada silkus II rata-rata hasil belajar siswa 91 dengan presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 100 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan mastery learning di kelas III SDN Kanigaran 1 berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus , rata-rata hasil belajar siswa 64% dengan presentase ketuntasan belajar 47%, pada siklus I persentase aktivitas siswa ( a p ) = 59%, yang tergolong cukup aktif dan siklus II persentase aktivitas siswa ( a p ) = 77%, yang tergolong aktif. (2) Pada penerapan pembelajaran mastery learning di kelas III SDN Kanigaran 1 diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 74 dengan presentase persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 73% pada siklus I dan siklus II rata-rata hasil belajar siswa 91 dengan presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 100%. Hal ini menunjukkan dengan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan mastery learning terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 27%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204251;
dc.subjectAktivitas Dan Hasil Belajar IPS, Mastery Learningen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN MASTERY LEARNING PADA SISWA KELAS III SDN KANIGARAN 1 PROBOLINGGO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record