Show simple item record

dc.contributor.authorBarrotut Taqiyah
dc.date.accessioned2013-12-09T04:11:54Z
dc.date.available2013-12-09T04:11:54Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM070210301097
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6640
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru ekonomi dan siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 ditemukan adanya permasalahan yaitu metode guru kurang bervariasi dalam mengajar. Aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2 cenderung rendah pada saat proses pembelajaran, serta hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas-kelas yang lain yaitu sebesar 57.14%. Permasalahan-permasalahan tersebut perlu dicarikan solusinya, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu dengan pemilihan keterampilan mengajar yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan proses penerapan keterampilan kelompok kecil dan perseorangan di kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 pada mata pelajaran Ekonomi semester ganjil tahun ajaran 2011/2012; (2) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan keterampilan kelompok kecil dan perseorangan di kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 pada mata pelajaran Ekonomi materi semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 Salah satu keterampilan mengajar yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan. Pengajaran kelompok kecil dan perseorangan memungkinkan guru memberikan perhatian terhadap setiap siswa serta terjadinya hubungan yang lebih akrab antara guru dan siswa maupun antara siswa dengan siswa. Adakalanya siswa lebih mudah belajar dari temanya sendiri, ada pula siswa yang lebih mudah belajar karena harus mengajari atau melatih temannya sendiri. Dalam hal ini pengajaran kelompok kecil dan perseorangan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Pengajaran ini memungkinkan siswa belajar lebih aktif, memberikan rasa tanggung jawab yang lebih besar, berkembangnya daya kreatif dan sifat kepemimpinan pada siswa, serta dapat memenuhi kebutuhan siswa secara optimal. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi yaitu seluruh siswa kelas XI IPS 2 semester ganjil di MAN Jember 1 sebanyak 42 siswa, dengan berdasarkan atas permasalahan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini dilaksanakan dimulai dari tanggal 16 - 23 November 2011, pada hari Rabu pukul 11.45 - 12.15. Sumber data yang akan diperoleh dari penelitian ini yaitu sumber data primer. Data primer diperoleh selama proses tindakan berlangsung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana pada setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Siklus II dilaksanakan jika pada siklus I hasil dari penelitian belum mencapai target yang diinginkan. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan penelitian. Hasil dari analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu (1) dengan menerapkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan aktivitas belajar siswa pada siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 mata pelajaran ekonomi semester ganjil 2011/2012 mengalami peningkatan yaitu dengan skor ratarata aktivitas belajar siswa sebesar 78.87% yang termasuk dalam kategori aktif, (2) dengan menerapkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan hasil belajar siswa pada siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 mata pelajaran ekonomi semester ganjil 2011/2012 mengalami peningkatan secara klasikal mencapai 92.85%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301097;
dc.subjectPENINGKATAN AKTIVITAS, PENERAPAN KETERAMPILAN MENGAJARen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERSEORANGAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 Mata Pelajaran Ekonomi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record