Show simple item record

dc.contributor.authorDENIES HERMAWAN
dc.date.accessioned2013-12-09T03:48:30Z
dc.date.available2013-12-09T03:48:30Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM060210402198
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6588
dc.description.abstractSAVI merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan menggabungkan gerak fisik dengan kemampuan intelektual dan penggunaan semua indra. Unsur-unsur yang terdapat dalam SAVI adalah Somatic, yaitu belajar dengan cara mencoba langsung. Auditory, yaitu mendengar penjelasan baru melalui lisan, komentar , dan kaset. Visual, yaitu belajar dengan membaca teks tertulis yang jelas. Intellectualy, yaitu belajar dengan memecahkan masalah. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari hasil wawancara dengan guru, khususnya guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan di SMP Negeri 2 Lumajang, pada keterampilan menulis surat dinas. Diketahui hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lumajang dalam menulis surat dinas belum tuntas, karena siswa kurang meperhatikan hal-hal yang penting dalam penyusunan surat. Rendahnya keterampilan menulis surat juga dapat dilihat dari hasil belajar siswa, dimana rata-rata hasil belajar siswa masih berada dibawah Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang digunakan, yakni dengan skor 65 dari SKM 75. Untuk memperoleh deskripsi yang lebih luas mengenai pembelajaran SAVI maka permasalahan dalam penelitian ini menckup (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran SAVI untuk meningkatkan keterampilan menulis surat dinas dan, (2) Bagaimanakah hasil belajar menulis surat dinas siswa setelah diterapkan pembelajaran SAVI. Tujuan yang hendak dicapai dalam pembelajaran ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran menulis surat dinas dengan menggunakan pembelajaran SAVI dan untuk meningkatnya hasil belajar menulis surat dinas siswa SMP Negeri 2 lumajang. viii Jenis penelitian tindakan kelas ini adalah simultan terpadu. Menurut Oja dan Simuljan (dalam Rofi’uddin, 1998:13) jenis penelitian ini lebih memfokuskan pada teori dengan cara mengikutsertakan praktisi (guru) untuk berpartisipasi. Dalam penelitian ini, guru sebagai pelaksana tindakan sedangkan, peneliti sebagai inovator dan observer. Peneliti sebagai inovator artinya peneliti sebagai orang yang mempunyai tindakan atau yang memberikan solusi tindakan dan peneliti sebagai observer artinya, peneliti mengobservasi (mengamati) proses pembelajaran pada saat diterapkan tindakan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan bahwa penerapan metode pembelajaran dengan pendekatan SAVI dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar terutama pada pembelajaran menulis surat dinas. Siswa tampak aktif dan semangat mengikuti pembelajaran menulis surat dinas. Hal ini disebabkan pembelajaran dengan penggunaan pendekatan SAVI lebih memfokuskan pada keaktifan siswa dan kemampuan siswa untuk bersosialisasi dan berfikir dalam memecahkan suatu masalah yang ditemukan saat mngerjakan tugas menulis surat dinas. Selain itu, dengan diterapkannya pendekatan SAVI, terutama dalam pembelajaran menulis surat dinas siswa bisa lebih memahami bentuk surat undangan dan permohonan izin dengan teknik penyusunan surat yang baik, ejaan yang tepat, bahasa yang baku, dan kesesuaian antar kalimat karena siswa diberikan kebebasan untuk mencari contoh surat dinas undangan. Saran yang dapat diberikan sehubungan dengan hasil penelitian adalah guru bahasa dan sastra Indonesia, dalam menerapkan penggunaan model pada materi menulis surat dinas, sebaiknya menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyusun surat dinas seperti teknik penyusunan surat, ejaan yang tepat, bahasa yang baku, dan kesesuaian antar kalimat dengan jelas dan mudah dimengerti oleh siswa. Hal ini bertujuan agar siswa tidak mengalami kesulitan saat pembelajaran berlangsung. Siswa yang sudah memenuhi standar ketuntasan hasil belajar, disarankan untuk membiasakan menulis surat dinas. Hal ini bertujuan apabila siswa tergabung dalam organisasi sudah terbiasa dalam menyusun surat dinas dan bisa menerapkan materi tentang keterampilan menulis surat dinas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210402198;
dc.subjectPEMBELAJARAN SAVI, MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULISen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUMAJANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record