Show simple item record

dc.contributor.authorNurcahya Kristian Pusfito Raharjo
dc.date.accessioned2013-12-09T03:44:13Z
dc.date.available2013-12-09T03:44:13Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210204266
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6581
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif model CIRC menggunakan media puzzle mata pelajaran IPS siswa kelas IIIA SDN Kertosari 01 kecamatan Pakusari kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kertosari 01 kecamatan Pakusari, dimulai pada tanggal 2 November 2010 sampai tanggal 16 Desember 2010, subyek penelitian adalah siswa kelas IIIA dengan jumlah siswa 36 anak, terdiri dari 18 laki-laki dan 18 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Hasil analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPS siklus I memperhatikan Pelajaran 67,4%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 59,7%, diskusi dalam kelompok 64,6%, memecahkan soal saat diskusi 64,6%, menjawab pertanyaan 62,5%, sampai pembelajaran siklus II mengalami peningkatan, memperhatikan pelajaran 81,9%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 79,2%, diskusi dalam kelompok 78,5%, memecahkan soal diskusi 84%, dan menjawab pertanyaan 78,5%. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar kuis pada siklus I secara klasikal sebesar 58% dan siklus II secara klasikal sebesar 86%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran CIRC menggunakan media puzzle untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa berjalan dengan baik dengan aktivitas belajar siswa pada pra siklus siswa kurang aktif, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 63,8% (kriteria aktif), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,42% (kriteria sangat aktif), dari hasil diatas dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,62%., (2) Penerapan model pembelajaran CIRC menggunakan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari dari ratarata hasil belajar siswa secara klasikal sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC adalah 59,8 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 38,8%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,8 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 58%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 78,8 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 86%, dari hasil diatas dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 9.00 kemudian pada siklus I ke siklus II dengan selisih 10,00.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204266;
dc.subjectIPS, LINGKUNGAN ALAM, COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)en_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS IIIA SDN 1 KERTOSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record